Cara Penularan Penyakit Leptospirosis, Teror Wilayah Jawa Timur Meliputi Lumajang, Pacitan dan Probolinggo hingga Gresik Sampai Sampang

Cara Penularan Penyakit Leptospirosis, Teror Wilayah Jawa Timur Meliputi Lumajang, Pacitan dan Probolinggo hingga Gresik Sampai Sampang

Cara Penularan Penyakit Leptospirosis, Teror Wilayah Jawa Timur Meliputi Lumajang, Pacitan dan Probolinggo hingga Gresik Sampai Sampang-Alexa /PIXABAY-

SITNAS.id – Cara Penularan Penyakit Leptospirosis yang Teror Wilayah Jawa Timur Meliputi Lumajang, Pacitan dan Probolinggo hingga Gresik Sampai Sampang.

Virl di berbagai media sosial mengenai penyakit yang hebohkan warga, hingga sebabkan kematian tentunya membuat warganet merasa resah.



Namun jangan khawatir berlebihan, simak secara lengkap untuk mengetahui pencegahan, penyeba dan gejala agar tidak telat penanganan.

Salah satunya wilayah Pacitan, Jawa Timur mengalami peningkatan kasus leptospirosis yang signifikan, yang membuat warganet kebingungan dan merasa takut.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta 8 Maret 2023 Tayang Lagi: Kondisi Aldebaran Memburuk,Benarkah Segera Meninggal Dunia?



×

Baca juga: Tanggal Pendaftaran KUR BNI 2023, Bisa Online atau Offline, Cara Dapat Pinajaman Tanpa Jaminan Rp 50 Juta

Baca juga: 40 Soal PTS UTS PJOK Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013, Simak Pembahasan Soal UTS PTS PJOK Kelas 7 Referensi Belajar

Sampai dengan pada tanggal 5 Maret 2023, terdapat 204 orang yang terdeteksi positif suspect leptospirosis, dengan enam di antaranya meninggal dunia.

Selain itu, terdapat tiga kasus di Kabupaten Probolinggo dengan jumlah kematian dua orang, 22 kasus di Kabupaten Sampang, empat kasus di Kabupaten Tulungagung, delapan kasus di Kabupaten Lumajang, lima kasus di Kota Probolinggo dengan jumlah kematian satu orang, dan tiga kasus di Kabupaten Gresik.

Dilansir Sitnas.id dari berbagai sumber, penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira.

Bakteri tersebut dapat menyebar melalui urin atau darah hewan yang terinfeksi, seperti tikus, anjing, sapi, dan babi.

Penyebaran Leptospira terjadi melalui air dan tanah yang terkontaminasi oleh urin hewan pembawa bakteri ini.

Baca juga: Salting, Park Seo Joon Jadi Aktor Pertama yang Ada di Instagram Jennie Blackpink, Wow Ada Apa Nih? Viral Usai Salting Ketemu di Paris

Baca juga: Video Jennie Blackpink Salting Ketemu Park Seo Joon hingga Pajang Foto Sang Aktor di Feed Instagram @Jennierubyjane, Wow Ada Apa Nih?

Seseorang dapat terkena leptospirosis jika terkena urin hewan atau kontak dengan tanah atau air yang terkontaminasi. Oleh karena itu, pada saat musim hujan, khususnya ketika terjadi genangan air di sekitar lingkungan, perlu diwaspadai karena dapat menjadi sumber penularan leptospirosis.

Gejala leptospirosis bervariasi, namun beberapa kasus menunjukkan gejala yang muncul setelah dua hari hingga empat minggu terinfeksi bakteri Leptospira.

Cek gejala dan pencegahan pada halaman berikutnya, lengkap dnegan cara perawatan hingga cara penularan,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm