Video Gunung Merapi Erupsi Viral di Media Sosial, Tunjukkan Kepulan Awan Panas Mulai Datangi Pemukiman Warga.

Video Gunung Merapi Erupsi Viral di Media Sosial, Tunjukkan Kepulan Awan Panas Mulai Datangi Pemukiman Warga.

Video Gunung Merapi Erupsi Viral di Media Sosial, Tunjukkan Kepulan Awan Panas Mulai Datangi Pemukiman Warga.-frenky-harry/unplash-

SITNAS.id -Video Gunung Merapi Erupsi Viral di Media Sosial, Tunjukkan Kepulan Awan Panas Mulai Datangi Pemukiman Warga.

Video yang merekam kondisi terkini Gunung Merapi yang tengah mengalami erupsi sedang menjadi sorotan publik di media sosial.



Seperti yang telah diketahui, Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus pada hari Sabtu, 11 Maret 2023.

Baca juga: Bahaya Hujan Abu dan Awan Panas Gunung Merapi, Meletus Lagi Siang Ini hingga Naik Level Siaga III, Begini Penyebabnya

Baca juga: ERUPSI Lagi! Gunung Merapi Keluarkan Siaga Level III, Semburkan Awan Panas Merngarah ke Kali Bebeng, Begini Penyebab hingga Bahayanya



×

Baca juga: Tekenal Dodol-nya! Inilah Mall Termewah di Garut yang SIAP Menyapa Kaum Hawa, Akan Jadi Pusat Perbelanjaan Paling Luas?

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso, menyatakan bahwa erupsi ini terjadi sekitar pukul 12.12 WIB.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi dihimbau untuk menjauhi jarak bahaya sebesar 7 kilometer dari puncak gunung karena erupsi masih terjadi dan awan panas guguran sedang bergerak ke arah Kali Bebeng dan Kali Krasak.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh BPPTKG pada pukul 06.00-12.00 WIB, tercatat satu kali guguran lava keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya.

Selain itu, Gunung Merapi juga telah mengalami sembilan kali gempa guguran, satu kali gempa fase banyak, dan 19 kali gempa vulkanik dalam.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm