Kapan Mulai Puasa Tahun 2023? Ikuti Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1444 H Sore Ini

Kapan Mulai Puasa Tahun 2023? Ikuti Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1444 H Sore Ini

Kapan Mulai Puasa Tahun 2023? Ikuti Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1444 H Sore Ini-adelbayoumi/pixabay-

 

Sidang tersebut akan dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qumas dan dihadiri oleh duta besar negara sahabat, komisi VII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia dan Badan Informasi Geospasial. 

Tidak hanya itu, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika juhakan turut hadir untuk menentukan waktu puasa dengan perhitungan falak. 

LINK Nonton sidang isbat 



Sidang isbat 2023 akan dilaksanakn dengan tiga tahapan yakni dengan adanya pemaparan oleh tim Hisab Rukyat kemenang kemudian dilanjutkan dnegan dilangsungkannya sholat magrib lalu mulai menginformasikan kapan jadwal puasa 1 Ramadhan 2023.

Posisi hilal 

Sebelum sidang Isbat dimulai perlu diperhatikan bahwa Hisab Rukyat Kemenag mulai menentukan posisi hilal sebelum awal Ramadhan tahun 144 H. Direktur Jenederal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa sidang Isbat akan diperhitungkan dengan dua hal. 

Pertimbangan melalui perhitungan astronomis kemudian kedua dengan adanya konfirmasi lapangan melalui rukyatul hilal. Secara hisab semua sistem sepakat bahwa ijtimak sebelum Ramadhan pada Rabu, 22 Marte 2023 ini bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H pada pukul 00.23 WIB. 



×

Sebelum awal Ramadhan 1444 H posisi hilal di Indonesia ketika Sidang Isbat awal juga telah memasuki kriteria MABIMS.*** 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm