Jatuh Tanggal Berapa Nuzulul Qur'an Pada Ramadhan 2023? Berikut Bocoran Tanggal Lengkap Amalannya

Jatuh Tanggal Berapa Nuzulul Qur'an Pada Ramadhan 2023? Berikut Bocoran Tanggal Lengkap Amalannya

ilustrasi masjid -kiran-ck/unplash-

Amalan Malam Nuzulul Quran

1. Perbanyak Berdoa dan Sholat Malam

Malam Nuzulul Qur'an adalah malam para malaikat turun ke bumi untuk memberikann doa kepada setiap umat Islam yang beribadah pada malam yang penuh berkah ini. Peristiwa Nuzulul Qur'an menjadi hal penting dalam kehidupan Rasulullah SAW dan Al-Quran menjadi mukjizat Rasulullah SAW dan hendaklah memperbanyak sholat malam.



2. I'tikaf di Masjid

 I'tikaf merupakan berdiam diri di masjid dengan melaksanakan amalan-amalan tertentu dengan niat karena Allah Taalla.

Baca juga: 10 Contoh Soal OSN Kimia SMA Tahun 2023 Beserta Kunci Jawaban, Simak Bocoran Soal OSN Kimia SMA Beserta Pembahasannya Lengkap



×

Amalan yang dimaksud seperti membaca Al-Quran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan sholat malam. Hadist yang menyarankan i'tikaf adalah:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Artinya: "Bahwa Nabi saw melakukan i'tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelah beliau wafat." [HR. Muslim].

Baca juga: Penyebar Berita Hoaks Terkait Pesulap Merah Tanggapi Ida Dayak Kini Akui Kesalahannya, Ini Alasan Marcel Tak Ambil Jalur Hukum!

Baca juga: Lanjutan Sinopsis Imlie Hari Ini Jumat 7 April 2023 di ANTV: Jenendra Ingin Membongkar Rahasia Imlie dan Aditya

3. Tadarus Al-Quran

Melakukan amalan tadarus Al-Quran menjadi salah satu amalan yang paling baik di malam Nuzulul Qur'an. Di dalam Al-Quran terdapat firman Allah SWT mengenai diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan, tepatnya pada malam Lailatul Qadar.

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ

Artinya, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan." (QS. Al-Qadr [97]: 1)

Terdapat hadits menunjukkan kesunnahan bertadarus Al-Quran pada malam bulan Ramadhan secara berjamaah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm