Apa itu BMKG? Ini Penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Serta Tugas dan Sejarahnya

Apa itu BMKG? Ini Penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Serta Tugas dan Sejarahnya

BMKG--

Pada tahun 1955 lembaga ini berganti nama menjadi Lembaga Meteorologi dan Geofisika di bawah Departemen Perhubungan. Namun, lima tahun kemudian namanya kembali diubah menjadi Jawatan Meteorologi dan Geofisika di bawah Departemen Perhubungan Udara.

Pada tahun 1965, namanya diubah menjadi Direktorat Meteorologi dan Geofisika, berada di bawah Departemen Perhubungan Udara.



Baca juga: 7 Kabupaten Kota di Kalimantan Barat yang Terkenal Paling Miskin, Ada Daerah Anda? Simak Penjelasannya Disini Menurut BPS

Baca juga: Stop Mikir Jorok! 5 Makanan Khas di Jawa Tengah Ini Punya Nama yang Unik, Bikin Merinding

Baca juga: Upadate Sinopsis Anupamaa Episode 2 Hari Ini Jumat, 16 Desember 2022 di ANTV: Kavya Berhasil Sembunyikan Perselingkuhannya dengan Vanraj



×

Tujuh tahun kemudian, pada tahun 1972, namanya berubah menjadi Pusat Meteorologi dan Geofisika. Statusnya naik pada 1980 untuk menjadi Badan Meteorologi dan Geofisika.

Pada tahun 2002, melalui Presiden RI Nomor 46 dan 48, struktur organisasinya berubah menjadi Lembaga Pemerintah Non Departemen dengan nama tetap.
Terakhir, pada tahun 2008, melalui Peraturan Presiden Nomor 61, BMKG berganti nama menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm