424 Km dari Jambi! Provinsi Baru Ini Keluarkan Kabupaten Merangin dan Kerinci Keluar dari Jambi dan Masuk Provinsi Baru

424 Km dari Jambi! Provinsi Baru Ini Keluarkan Kabupaten Merangin dan Kerinci Keluar dari Jambi dan Masuk Provinsi Baru

jalan-ebru-yilmaz/pexels-

Sebelumnya, usulan pembentukan Provinsi Puncak Andalas sudah muncul pada tahun 2010, namun mengalami redup dan kembali menguap.

Usulan kedua adalah pembentukan Provinsi Palapa Selatan, yang merupakan gabungan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.



Provinsi Palapa Selatan akan terdiri dari 6 daerah, yaitu 3 daerah dari Provinsi Sumatera Selatan dan 3 daerah dari Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Gokil Abis! Nonton Knowing Bros Episode 395 SUB Indo, ITZY Comeback Setelah 2 Tahun, Battle Dance Seru dan Tingkah Absurd Bikin Ngakak!

Daerah-daerah tersebut adalah Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Empat Lawang dari Provinsi Sumatera Selatan, serta Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Kaur dari Provinsi Bengkulu.



×

lasan pembentukan Provinsi Palapa Selatan adalah karena daerah-daerah tersebut memiliki satu keturunan yakni keturunan suku Besemah, dan juga memenuhi berbagai syarat seperti transportasi dan topografi yang dekat.

Jika Provinsi Palapa Selatan terbentuk, maka rencana pembentukan Provinsi Sumselbar akan tertunda, karena beberapa daerah sebelumnya yang akan bergabung dengan Sumselbar, kini akan bergabung dengan Provinsi Palapa Selatan.

Semua usulan pemekaran wilayah ini masih dalam tahap pembahasan, dan keputusan akhir akan bergantung pada evaluasi dan pertimbangan dari pihak terkait.

Pemerintah Provinsi Bengkulu akan terus mengikuti perkembangan wacana pemekaran dan memperhatikan aspirasi masyarakat setempat dalam proses ini.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm