Rencana Penggundulan Hutan Karet Luas 2.500 Hektar Demi Membangun Bandara Internasional Baru di Kalimantan Tengah dengan Anggaran 10,5 Triliun Rupiah

Rencana Penggundulan Hutan Karet Luas 2.500 Hektar Demi Membangun Bandara Internasional Baru di Kalimantan Tengah dengan Anggaran 10,5 Triliun Rupiah

ilustrasi bandara-AndyLeungHK/pixabay-

Menurut rencana, bandara ini akan memiliki landasan pacu yang sangat panjang, dengan panjang mencapai 4.900 meter dan lebar 49 meter.

Hal ini akan memungkinkan bandara ini melayani pesawat besar dengan kapasitas maksimal. Pengerjaan proyek ini sedang berlangsung, dan pemerintah berharap bandara ini bisa beroperasi pada tahun 2025.



Tentu saja, proyek sebesar ini tidak lepas dari perhatian pemerintah pusat. Bahkan Komisi V DPR RI melihat potensinya sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Download Nonton Soul Land II: The Unrivaled Tang Sect Episode 9 Sub Indo - STREAMING 4K HD Tencent Video Bukan Animexin

Baca juga: Inilah Sosok Wanita Pebisnis Produk Kecantikan yang Sukses, Punya Istana Sultan Sendiri Lengkap Aquarium Hingga Kebun Seperti Alun-Alun Kota, Apakah Anda Kenal?



×

Baca juga: Mewahnya Rumah Gaya Sultan di Bandung Ini, Hingga Dilengkapi Alun-Alun dan Akuarium Piranha, Ternyata Biayanya Fantastis! Apa Mencapai Rp200 Juta?

Mereka memprediksi bahwa proyek ini akan menciptakan segitiga ekonomi yang akan memberikan dampak positif pada masyarakat dan perekonomian daerah.

Namun, seperti halnya kebanyakan proyek besar, proyek ini juga menghadapi tantangan. Salah satu masalahnya adalah status lahan yang digunakan.

Lahan yang dipilih untuk bandara ini sebelumnya merupakan hutan produksi yang menghasilkan berbagai komoditas unggulan, seperti karet dan kayu.

Dengan berubahnya lahan ini menjadi bandara, tentu saja akan ada dampak pada sumber pemasukan daerah tersebut.

Di samping itu, Kabupaten Kotawaringin Barat, di mana proyek ini berada, sudah memiliki Bandara Iskandar.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm