Rahasia Keindahan Jembatan Kuno di Jawa timur, Usianya Sudah Ratusan Tahun? Terpaut Jarak 40,1 Km dari Pasuruan, Ajaibnya Dibangun Tanpa Besi serta Semen!

Rahasia Keindahan Jembatan Kuno di Jawa timur, Usianya Sudah Ratusan Tahun? Terpaut Jarak 40,1 Km dari Pasuruan, Ajaibnya Dibangun Tanpa Besi serta Semen!

Ilustrasi jembatan-12019 /pixabay-

SITNAS.id - Rahasia Keindahan Jembatan Kuno di Jawa timur, Usianya Sudah Ratusan Tahun? Terpaut Jarak 40,1 Km dari Pasuruan, Ajaibnya Dibangun Tanpa Besi serta Semen!

Jawa Timur, selain terkenal dengan pesona pariwisata dan kelezatan kuliner, menyimpan cerita menarik yang patut digali lebih dalam.



Salah satunya adalah kisah unik sebuah jembatan yang tidak dibangun dengan besi dan semen, seperti umumnya jembatan pada masa itu.

Baca juga: Mengungkap Kisah Jembatan Langka Tanpa Bahan Besi dan Semen di Jawa timur, Tempuh Kurang Lebih 3 Jam dari Pasuruan! Benarkah Sudah Ada Selama Berabad-abad Ini?

Baca juga: BACA Magic Emperor Chapter 433 SUB INDO - Lanjutan Manhua Demonic Emperor 43 434 Bahasa Indonesia



×

Baca juga: Rencana Pembuatan Proyek Bandara Megah Seluas 1.500 Hektar di Kawasan Hutan Lindung Kepri, Apakah Batam Siap?

Besi biasanya menjadi tulang punggung sebuah jembatan, memberikan kekuatan dan stabilitas agar bangunan tersebut tahan lama.

Sementara semen digunakan untuk memperkokoh fondasi dan bahan bangunan. Namun, di Jawa Timur, ada sebuah jembatan yang berbeda dari yang lain, itulah yang membuatnya begitu menarik.

Terlepas dari fakta bahwa jembatan ini tidak menggunakan semen dan besi, usianya telah mencapai angka yang mengagumkan, yaitu 141 tahun!

Jembatan ini dibangun pada tahun 1881 dan selesai pada 1882, masa ketika Belanda masih menjajah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm