Manfaatkan Lahan Bekas Organisasi Rahasia! Pusat Perbelanjaan Terbesar di Jawa Timur Ini Banyak Mencuri Perhatian, Mengapa Demikian?

Manfaatkan Lahan Bekas Organisasi Rahasia! Pusat Perbelanjaan Terbesar di Jawa Timur Ini Banyak Mencuri Perhatian, Mengapa Demikian?

Manfaatkan Lahan Bekas Organisasi Rahasia? Pusat Perbelanjaan Terbesar di Indonesia Ini Banyak Mencuri Perhatian, Mengapa Demikian?-Dimitris Vetsikas /PIXABAY-

SITNAS.id - Manfaatkan Lahan Bekas Organisasi Rahasia! Pusat Perbelanjaan Terbesar di Jawa Timur Ini Banyak Mencuri Perhatian, Mengapa Demikian?

Di bawah langit Jawa Timur, ada kisah menarik yang mengubah lahan bekas sebuah organisasi rahasia menjadi suatu megaproyek yang tak hanya mencengangkan, tapi juga menghabiskan anggaran fantastis hingga mencapai Rp1,2 triliun.



Organisasi rahasia ini memiliki akar sejak zaman Hindia Belanda, ketika arus pengaruh barat mengalir ke Nusantara, menarik perhatian banyak orang pribumi, terutama para ningrat yang tertarik untuk terlibat dalam kelompok-kelompok misterius ini.

Baca juga: Transformasi Lahan Bekas Organisasi Rahasia Zaman Hindia Belanda di Jawa Timur Kini Menjadi Mall Terbesar di Indonesia, Benarkah Sisa Masa Jajahan Dulu?

Baca juga: Tempuh 1 Jam dari Jakarta! Rasakan Sensasi Berkeliling Indonesia dalam Sehari di Taman Mini Indonesia Indah yang Baru Direnovasi, Ada Tiket Masuk?



×

Baca juga: Ramalan Cinta untuk Hari Selasa, 15 Agustus 2023! Zodiakmu Apa dan Hal Bagaimana yang Harus Anda Waspadai?

Pengaruh organisasi rahasia ini begitu kuat, bahkan para pemimpin mereka kebanyakan berasal dari Belanda yang kaya raya.

Mereka datang ke Hindia Belanda dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk memperluas jaringan organisasi rahasia ini.

Saat Jawa berada di bawah pemerintahan Herman Willems Daendels pada tahun 1808-1811.

Daerah-daerah di Jawa Timur yang awalnya merupakan lahan kosong mulai dijual, dan salah satunya dibeli oleh seorang saudagar Belanda bernama HJ van Cattenburgh.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm