Siapakah Istri Muller? Asal Usul Keturunan Tentara KNIL yang Mengajukan Gugatan Lahan di Dago Elos dan Konsekuensi Pengusiran 330 KK di Bandung

Siapakah Istri Muller? Asal Usul Keturunan Tentara KNIL yang Mengajukan Gugatan Lahan di Dago Elos dan Konsekuensi Pengusiran 330 KK di Bandung

Ilustrasi-Pexels/pixabay-

SITNAS.id - Siapakah Istri Muller? Asal Usul Keturunan Tentara KNIL yang Mengajukan Gugatan Lahan di Dago Elos dan Konsekuensi Pengusiran 330 KK di Bandung.

Siapa yang tidak mengenal Muller? Mereka tengah menjadi perbincangan hangat di seluruh penjuru karena polemik sengketa lahan Dago Elos yang konon bakal 'mengusir' lebih dari 330 kepala keluarga di Bandung Utara.



Keluarga Muller, nama yang tak asing di telinga merupakan keturunan kelima dari sosok bernama Georgius Hendrikus Muller, seorang prajurit gagah dari Koninklijke Nederlands Indische Leger (KNIL).

Baca juga: Eksplorasi Pesona Desa di Badung? Bisa Surfing dan Berkuda Bebas, Wisata Ini Raih Posisi 300 Teratas dalam ADWI, Tempuh Waktu 1 Jam dari Bandara Ngurah Rai!

Baca juga: Simak Fakta Menarik Mengenai 5 Wilayah Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Sumatera Utara, Termasuk Kota Medan Pula!



×

Kisah berawal dari lahan di kawasan Dago Elos, Bandung Utara. Kawasan ini, tepatnya di sepanjang Jalan Ir. H. Juanda atau yang lebih dikenal sebagai Jalan Dago, meluas hingga 69,346 meter persegi.

Lahan inilah yang menjadi pusat gugatan dari tiga individu yang mengklaim sebagai keturunan Famili Muller.

Herry Hermawan, Dody Rustendi, dan Pipin Sandepi, ketiganya mengklaim sebagai pewaris dari Famili Muller terkait lahan Dago Elos yang kini dihuni oleh ratusan warga.

Mereka bertiga, bersama dengan dukungan PT Dago Inti Graha, memulai perjuangan hukum sejak Desember 2016 dengan dasar hukum dari surat Eigendom Verponding, yang merupakan tanda kepemilikan tanah yang dikeluarkan pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda.

Baca juga: Berkilau Gemerlap! Bandara Super Mewah Sumatera Utara Raih Dana Fantastis, Merupakan Tonggak Sejarah Sebagai Bandara Paling Canggih di Nusantara!

Baca juga: Impian Sudah Terjawab! Bandara Termegah di Sumatera Utara Menggelontorkan Dana Triliunan Rupiah, Warga Sumut Menyambut dengan Bahagia?

Namun, melalui serangkaian proses persidangan yang berlarut-larut, klaim Famili Muller dan PT Dago Inti Graha memenangkan pertarungan hukum, dengan para warga Dago Elos akhirnya dihadapkan pada kenyataan untuk meninggalkan lahan yang telah mereka huni.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm