Mendebarkan! Pabrik Tambang Super Besar Dibangun dengan Dana 42 Triliun di Jawa Timur, Dilengkapi Smelter Canggih yang Bisa Memproduksi 1,7 ton Konsetrat!

Mendebarkan! Pabrik Tambang Super Besar Dibangun dengan Dana 42 Triliun di Jawa Timur, Dilengkapi Smelter Canggih yang Bisa Memproduksi 1,7 ton Konsetrat!

Mendebarkan! Pabrik Tambang Super Besar Dibangun dengan Dana 42 Triliun di Jawa Timur, Dilengkapi Smelter Canggih yang Bisa Memproduksi 1,7 ton Konsetrat!-xusenru/pixabay-

Bukan hanya soal ukuran, tetapi juga dampak sosial ekonomi. Proyek Smelter ini menjadi sumber penghidupan baru bagi warga sekitar, khususnya di Gresik.

Lebih dari seribu sembilan ratus orang berpeluang mendapatkan pekerjaan, dengan mayoritas dari mereka adalah putra-putri daerah.



Berkat kolaborasi dengan mitra internasional, para pekerja ini juga berkesempatan untuk mengasah keterampilan di negeri Tiongkok selama beberapa bulan.

Baca juga: Nikmati Kesenangan Tak Tergantikan di 5 Destinasi Wisata Bukit Banjarbaru yang Instagramable, Raja Ampat Termasuk?

Baca juga: Eksplorasi Pesona Desa di Badung? Bisa Surfing dan Berkuda Bebas, Wisata Ini Raih Posisi 300 Teratas dalam ADWI, Tempuh Waktu 1 Jam dari Bandara Ngurah Rai!



×

Presiden Jokowi pun tak menyembunyikan kebanggaannya. Beliau merinci bahwa pabrik ini akan menerima bahan baku dari PT Freeport Indonesia, memberikan nilai tambah bagi rantai produksi nasional.

Bahkan, hasil akhir dari Smelter ini tak hanya berhenti sebagai lembaran tembaga, tetapi juga menjadi bahan baku berharga untuk berbagai industri, mulai dari baterai litium hingga mobil listrik.

Sisi lain dari cerita ini adalah komitmen lingkungan. Proyek sebesar ini tak lantas mengabaikan dampak lingkungan. Langkah-langkah modern dalam pengelolaan limbah menjadi inti dari filosofi pabrik ini, menegaskan bahwa industri dan konservasi bisa beriringan.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm