Menggegerkan! Investasi Luar Biasa 42 Triliun Rupiah untuk Membangun Pabrik Tambang Megah: Keajaiban Smelter Hebat di Jawa Timur yang Mampu Menghasilkan 1,7 ton Konsetrat!

Menggegerkan! Investasi Luar Biasa 42 Triliun Rupiah untuk Membangun Pabrik Tambang Megah: Keajaiban Smelter Hebat di Jawa Timur yang Mampu Menghasilkan 1,7 ton Konsetrat!

Ilustrasi-Darkmoon_Art/pixabay-

Angka yang luar biasa tersebut bukan hanya sekadar nominal semata. Dalam prosesnya, Smelter ini mampu mengolah hingga 1,7 juta ton konsentrat tembaga setiap tahunnya.

Bukan hanya itu, pabrik ini juga akan memainkan peran penting dalam pemurnian lumpur anoda menjadi emas dengan kapasitas mencapai 6.000 ton per tahun.



Presiden RI, Jokowi, dalam penjelasannya mengungkapkan bahwa pabrik tembaga ini akan berperan dalam menyerap katoda tembaga hasil olahan smelter PT Freeport Indonesia.

Namun, hal yang paling menarik adalah rencana untuk mendaur ulang Foil tembaga yang dihasilkan oleh pabrik ini.

Baca juga: Menikmati Keindahan Alam dan Segarnya Udara Kota Banjarbaru Lewat 5 Destinasi Wisata Bukit yang Instagramable, Siapa Juaranya?



×

Foil tembaga ini memiliki potensi besar untuk diolah menjadi baterai litium, yang dapat digunakan dalam berbagai industri, termasuk baterai mobil listrik.

Sejalan dengan revolusi industri yang diusungnya, proyek ini juga memberikan harapan baru bagi masyarakat Gresik yang tengah mencari peluang pekerjaan.

Diperkirakan, Smelter ini akan menyerap sekitar 1.950 tenaga kerja, dimana 95 persennya berasal dari warga lokal.

Untuk meningkatkan kompetensi, pekerja-pekerja ini bahkan akan menjalani pelatihan selama 3 hingga 6 bulan di China. Langkah ini sekaligus merupakan upaya transfer teknologi untuk memastikan operasional pabrik berjalan efisien.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm