Perekonomian Heboh! Kabupaten Bojonegoro Ini Jadi Gudang Stok Cadangan Minya Bumi dan Gas, Jawa Timur Mendapat Julukan Ladang Minyak?

Perekonomian Heboh! Kabupaten Bojonegoro Ini Jadi Gudang Stok Cadangan Minya Bumi dan Gas, Jawa Timur Mendapat Julukan Ladang Minyak?

Ilustrasi-jarmoluk/pixabay-

SITNAS.id - Perekonomian Heboh! Kabupaten Bojonegoro Ini Jadi Gudang Stok Cadangan Minya Bumi dan Gas, Jawa Timur Mendapat Julukan Ladang Minyak?

Siapa yang sangka, di balik gemerlapnya pembangunan ekonomi Provinsi Jawa Timur, terselip kisah menarik tentang peran tak tergantikan dari sektor minyak bumi dan gas alam (migas).



Provinsi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memang memiliki harta karun alam yang luar biasa, yakni cadangan migas yang menjadi salah satu pilar ekonominya.

Baca juga: Rekor Luar Biasa! Kekayaan Simpan Cadangan Minyak Terbesar di Indonesia Hingga Mencapai Triliunan Kubik Minyak Ini Diduduki Oleh Provinsi Mana?

Baca juga: Nonton Throne of Seal Season 3 Episode 68 Sub Indo - Streaming Legal Cek Disini Sealed Divine Throne EP 68 69 Full Eps



×

Mungkin tak semua tahu, Jawa Timur sebenarnya menempati posisi ketiga terbesar dalam hal produksi minyak bumi di Indonesia.

Meskipun bukan yang pertama, namun kekayaan minyak bumi di provinsi ini sungguh mengagumkan.

Sorotan terbesar tertuju pada Kabupaten Bojonegoro, di mana ternyata tersimpan cadangan minyak bumi terbesar di seluruh Indonesia. Fakta mengejutkan ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jawa Timur.

Baca juga: Mengapa Proyek Ambisius Pembangunan Jembatan di Kalimantan Utara Belum Juga Terealisasi dengan Dana Fantastis Rp7,6 Triliun?

Baca juga: Mengoptimalkan Sumber Daya, PLTA Kalimantan Utara Dibangun dengan Dana Fantastis Rp258,3 Triliun, Target Listrik Berapa Megawatt?

Menariknya, sekitar 25 persen dari semua cadangan minyak Indonesia berada dalam empat blok migas yang tersebar di wilayah Bojonegoro. Tak bisa dipungkiri, Bojonegoro telah menjadi kiblat minyak bumi dan gas alam di tanah air.

Bercokol di Kabupaten Bojonegoro, terdapat empat blok migas yang menjadi pusat perhatian. Ladang minyak Banyu Urip dan Kedung Keris di Blok Cepu, ladang gas alam di Jambaran - Tiung Biru, serta ladang minyak Sukowati di Blok Tuban adalah harta berharga di wilayah ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm