Begini Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022/2023 - Mudah dan Simpel

Begini Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022/2023 - Mudah dan Simpel

rumah--

SITNAS.id - Begini Cara Menghitung BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan 2022/2023 - Mudah dan Simpel. Pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu bagian dalam bidang properti, yaitu pajak mengenai pertanahan dalam cara menghitung BPHTB yang benar tahun 2018.

BPHTB sendiri adalah singkatan dari Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Pajak atau bea ini dikenakan ketika kita melakukan pembelian tanah, berbeda dengan penjual yang dikenakan pajak penghasilan (PPh) atau uang pembayaran harga tanah yang diterima. Dalam melakukan transaksi jual beli tanah yang menjadi subjek pada pajak biaya BPHTB kepada pribadi ataupun badan yaitu pembeli.



Baca juga: Apa Itu Pargoy Syndrome? Cek Penjelasan Berikut, Lagi Viral di TikTok Ini Arti Penjelasan dan Maknanya

Baca juga: Warga Manado Wajib Tau! Ini Daftar Nama Kota Kabupaten di Sulawesi Utara dari Singkatan, Cek Asal Usulnya

Baca juga: Rasa Enak Harga Merakyat! Rekomen 5 Tempat Sarapan Paling Terkenal di Solo Jawa Tengah, Bikin Ngiler Gak Bikin Kantong Kering, Cita Rasa Paripurna



×

Baca juga: Borong Diskon dan Super Lengkap! Bukan Surabaya, Ini 4 Mall di Banyuwangi Jangan Lupa Mampir

Dasar pemberian BPHTB adalah nilai perolehan objek pajak NJOP atas harga transaksi. Sedangkan untuk nilai tukar menukar hibah atau warisan maka dikenai pajak NPOP.

NPOP bisa saja lebih kecil atau lebih besar dari NJOP tergantung dari kesepakatan pembeli dengan penjual. Jika harga transaksi lebih kecil dari NJOP maka dasar penentuan NPOP adalah nilai NJOP dan begitupun sebaliknya.

Faktor lain yang menentukan besarnya nilai BPHTB adalah Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Ini merupakan nilai pengurangan NPOP sebelum dikenakan pajak BPHTB. Sekitar 5 persen.

Dasar Hukum BPHTB

TAG: #properti
Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm