Piala AFF Tidak Termasuk di Dalam Kalender FIFA, Kenapa? Ini Alasannya

Piala AFF Tidak Termasuk di Dalam Kalender FIFA, Kenapa? Ini Alasannya

AFF 2022--

SITNAS.id - Piala AFF, yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh ASEAN Football Federation (AFF), merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara.

Meski begitu, kompetisi ini ternyata tidak termasuk dalam kalender Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).



Padahal Piala AFF telah berlangsung sejak tahun 1996, tepatnya di Singapura dengan nama Tiger Cup. Pada tahun 2007, nama kompetisi ini berganti menjadi Piala AFF, lalu berubah lagi sesuai dengan nama sponsor utama, yakni Piala Suzuki AFF (2008-2020) dan AFF Mitsubishi Electric Cup (2022).

Baca juga: Video Syur Diduga Rezky Aditya Link nya Viral di Twitter, Ramalan Hard Gumay Kembali Disorot Hingga Citra Kirana yang Didoakan Sabar

Baca juga: Menggemparkan Link Video Diduga Rezky Aditya Sedang VCS dan Pamer Alat Kelamin Viral di Twitter Kini Jadi Buruan Natizen Hati-Hati UU ITE



×

Baca juga: Link Video Syur yang Diduga Rezky Aditya Viral di Twitter, Ramalan Hard Gumay Tentang Artis Berinisial R Terbukti Benar?

Alasan FIFA

Selama 26 tahun, Piala AFF tidak dimasukkan dalam kalender resmi FIFA.

Menurut berbagai sumber, alasannya adalah karena Piala AFF hanya dianggap sebagai pertandingan persahabatan. Oleh karena itu, hasil kemenangan dari setiap laga tidak dipengaruhi oleh peringkat FIFA.

Akibat dari keputusan ini, jadwal Piala AFF seringkali bertabrakan dengan kompetisi resmi FIFA, baik di tingkat klub di suatu negara ataupun di tingkat internasional.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm