Perbandingan Uang Pensiunan PNS dan DPR hingga MPR, Pemerintah Siap Rubah Skema?Akibat Bengkaknya Anggaran Pensiun APBN?

Perbandingan Uang Pensiunan PNS dan DPR hingga MPR, Pemerintah Siap Rubah Skema?Akibat Bengkaknya Anggaran Pensiun APBN?

Berapa Gaji Pantarlih Pemilu 2024? Sampai Kapan Pendaftaran Dibuka? Langsung Cek Persyaratan dan Tugas yang Dikerjakan-PIXABAY-

SITNAS.id–Perbandingan Uang Pensiunan PNS dan DPR hingga MPR, Pemerintah Siap Rubah Skema?Akibat Bengkaknya Anggaran Pensiun APBN?.

Perlu dicatat bahwa pemerintah mengubah sistem dana pensiun ASN dan PNS, karena anggaran terus bertambah setiap tahunnya.



Baca juga: Rincian Gaji PNS Tahun 2022 Sesuai dengan Jabatan dan Golongan hingga Pangkat, Cek DISINI

Baca juga: Pensiunan PNS Klaim Gaji Lebih Rendah dari UMR, Lalu Berapa Gaji Pensiunan PNS Sebenarnya?

Baca juga: Prediksi Pemain dan Skor Kroasia vs Belgia Piala Dunia 2022, Simak Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022



×

Pada 2022, belanja pensiun ASN dalam APBN juga diproyeksikan meningkat menjadi Rp119 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Dirjen) Isa Rachmatarwata mengatakan, kenaikan belanja pensiun ASN sejalan dengan kenaikan jumlah ASN setiap tahunnya.

Ia juga menjelaskan bahwa harapan hidup seorang emeritus juga lebih panjang.

“Kesehatan semakin membaik, hidup juga lebih memadai,” jelasnya dikutip dari Kontan.

Sementara itu, pada tahun 2018, Dana Pensiun ASN sebesar Rp90,82 triliun dan meningkat menjadi Rp99,75 triliun pada tahun 2019.

Tahun 2020 naik lagi menjadi Rp 104,97 triliun sebelum tahun 2021 menjadi Rp 112 triliun. Besarnya anggaran pensiun APBN karena negara juga menyalurkan pensiunan PNS ke daerah,

Angka ini sesuai dengan skema pendanaan PNS saat ini, sementara daerah sudah menunjuk pejabat, pusat yang membayar.

Baca juga: Kenapa Hari AIDS Sedunia Diperingati Setiap 1 Desember? Cek Link Twibbon GRATIS DISINI!

Baca juga: Kenapa Hari AIDS Sedunia Diperingati Setiap 1 Desember? Cek Link Twibbon GRATIS DISINI!

Baca juga: Makin Seru Maksimal! Mega Series Panggilan Kamis, 1 Desember 2022 Episode 250 di Indosiar: Lian dan Habibi Mulai Pantau Masa Depan Mala

Oleh karena itu, pemerintah tetap mempertimbangkan sistem pensiun full funded (mencadangkan dana pensiun ASN secara sistematis setiap bulan).

Berapa pensiun menteri, pegawai negeri, dan anggota DPR lainnya? cek pada halaman berikutnya, perbandingan tunjangan PNS, DPR hingga Menteri, 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm