Jawa Barat Gabung Jakarta? Inilah Nama Provinsi Baru, Beneran atau Hoax? Wacana Pemekaran Jawa Barat

Jawa Barat Gabung Jakarta? Inilah Nama Provinsi Baru, Beneran atau Hoax? Wacana Pemekaran Jawa Barat

Jawa Barat Gabung Jakarta? Inilah Nama Provinsi Baru, Beneran atau Hoax? Wacana Pemekaran Jawa Barat-DEZALB /Pixabay-

Menurut sejarah, Kerajaan Pajajaran sendiri merupakan kerajaan Hindu di Jawa Barat. Pada zaman dahulu pusat kerajaan berada di Bogor. Namun sebelumnya daerah itu bernama Pakuan.

Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat juga memiliki julukan lain yaitu Pakuan Pajajaran, Tanah Sunda atau Pasundan.



Sementara itu untuk usulan penggabungan Jabar dengan Jakarta pernah datang dari politisi Partai Golkar yang juga rival Ridwan Kamil, yakni Dedi Mulyad.

Salah satu alasan yang dikemukakan Dedi Mulyad terkait penggabungan Jawa Barat dan Jakarta terkait dengan kerajaan Pajajaran di masa lalu.

Politisi yang menjadi rival Ridwan Kamil di Pilgub 2018 itu juga mengusulkan penamaan gabungan Jawa Barat dan Jakarta sebagai Provinsi Jabar Raya.



×

Baca juga: Trauma Berat Siswi TK Diperkosa 3 Bocah 8 Tahun di Mojokerto hingga 5 Kali, Diektahui Pertama Kali Oleh Pengasuh Korban? Cek KRONOLOGI Lengkapnya Disini

Baca juga: Kronologi Siswi TK Diperkosa 3 Bocah 8 Tahun di Mojokerto Hingga Lakukan 5 Kali? Pilu Orang Tua Korban Sebut Anak Alami Trauma Berat

Baca juga: Memilukan Siswi TK Diperkosa 3 Bocah SD usia 8 Tahun di Mojokerto, Alami Trauma Berat Hingga Luka

Namun, usulan tersebut baru menjadi paparannya pada 2019 dan belum dilaksanakan. Yang lebih nyata adalah pemekaran Jawa Barat itu sendiri.

Menurut Sukabumikab.go.id, hingga tahun 2020, DPRD Jabar dan Pemprov Jabar telah menyetujui tiga calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) untuk diajukan ke pusat. 3 CDPOB tersebut adalah Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Sukabumi Utara.

Sukabumi Utara yang akan menjadi kabupaten baru hasil pemekaran Jawa Barat akan dimekarkan menjadi 21 kecamatan, dan berpusat di kecamatan Cibadak.

Pada 4 Desember 2020, DPRD Jabar dan Pemprov Jabar mengesahkan dan menandatangani ketiga calon daerah Pemekaran Jabar dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Jabar.

Simak kelanjutan pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm