Biodata dan Fakta Menarik Lewis Calpadi, Penyanyi yang Viral Usai Aksi Panggung di Tengah Kabuhnya Penyakit Sindrom Tourette

Biodata dan Fakta Menarik Lewis Calpadi, Penyanyi yang Viral Usai Aksi Panggung di Tengah Kabuhnya Penyakit Sindrom Tourette

Biodata dan Fakta Menarik Lewis Calpadi, Penyanyi yang Viral Usai Aksi Panggung di Tengah Kabuhnya Penyakit Sindrom Tourette-@lewiscapaldi/instagram-

Nama salah satu penyanyi barat asal Inggris yakni Lewis Capaldi saat ini tengah mengalami masalah mengenai kesehatan. Lewis menderita sindrom tourette saat manggung di Franfurt Jerman Selasa, 21 Februari 2023. 

Pada saat ini Lewis tengah menyanyikan lagu terakhirnya dalam pertunjukannya saat itu yakni lagu berjudul 'Someone You Loved', belum sempat lagu tersebut selesai, Lewis sudah menunjukkan gejala tic (gerakan berulang). 



Sindrom Torette 

Dilansir dari beberapa sumber, sindrom Torette ini menjadi salah satu gangguan yang melibatkan gerakan berulang ( tic motorik) yang tidak bisa dikendalikan (tic vokal). 

Tic merupakan sebuah gerakan dimana suara menjadi tiba-tiba, singkat dan putus-putus hal ini biasa terjadi pada penderita sindrome torutte. Tic ini bisa berlangsung mulai dari ringan hingga parah. 



×

Tic sederhana ini bisa menyebabkan sejumlah gejala seperti mata berkedip, kepala menyentak, mengangakan bahu, gerakan mulut. Tic ini bisa menjadi kompleks karena sejumlah gejala lainnya yang tidak bisa dikendalikan. 

Penyebab sindrom Tourette 

Sejumlah ilmuwan menjelaskan mengenai penyebab sindrom Tourette yang hingga saat ini belum diketahui. Namun, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengurangi resiko pada seseorang saat mengalami sindrom Tourette. 

Sejauh ini, ilmuwan hanya menemukan fakta bahwa faktor genetik yang memungkinkan bahwa seseorang bisa mendapatkan sindrom tersebut. Hal ini sekitar 50% orang tua mengalami sindrom ini dan meneruskannya pada anak mereka. 

Penelitian lainnya juga menemukan bahkan sindrom ini muncul karena adanya kelainan genetik yang kompleks yang memungkinkan dengan banyaknya gen yang berinteraksi dengan faktor lingkungan lainnya. ***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm