Puasa Sya'ban Tahun 2023 Kapan Dilaksanakan? Simak Cara Berpuasa Sya'ban yang Dianjurkan Rasullah

Puasa Sya'ban Tahun 2023 Kapan Dilaksanakan? Simak Cara Berpuasa Sya'ban yang Dianjurkan Rasullah

ilustrasi masjid -kiran-ck/unplash-

Memasuki bulan Sya'ban maka hadirnya bulan Ramadhan, maka baiknya bagi Anda untuk memperbanyak amalan ibadah dan puasa dengan secara khusu guna melatih diri dengan berbagai persiapan guna menyambut bulan Ramadhan. 

Rasullullah menyebutkan bahwa puasa pada bulan Syaban dengan berpuasa sunnah Syaban yang dianjurkan untuk mengerjakannya karena memiliki banyak keutamaanya. 



Dirujuk dari berbagai sumber tanggal 1 Syaban jatuh pada 21 Februari 2023. Pada tanggal ini hingga tanggal 15 syaban disarankan untuk berpuasa sunnah. Jika pada tanggal 21 Februari mulai 1 syaban maka berakhirnya syaban pada tanggal 7 Maret 2023. 

Jika Anda ingin berpuasa syaban maka dianjurkan untuk berpuasa sunnah lainnya dengan niat membaca niat puasa syaban pada malam harinya sebelum berpuasa keesokkan harinya. 

Adapun niat baca puasa syaban yang bisa Anda baca baca:



×

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Niat saya puasa sunnah Sya'ban esok hari karena Allah ta'ala.

Hikmah dari berpuasa syaban bisa Anda rasakan saat melaksanakannya. Bulan istimewa dimana Allah SWT akan membawa semua amalan manusia dan menutup amal laporan selama satu tahun. 

Maka sejumlah amalan seperti berpuasa ini bisa menambah timbangan amalan Anda sebelum, laporan amal berakhir. Bulan ini juga terdapat sejumlah keutamaan dengan Anda bisa memnanfaatkan waktu untuk banyak bertaubat.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm