Sejarah 5 Nama Desa Unik di SRAGEN Jawa Tengah, Nomer 4 Terkenal dengan Simbol Perjuangan Zaman Dulu

Sejarah 5 Nama Desa Unik di SRAGEN Jawa Tengah, Nomer 4 Terkenal dengan Simbol Perjuangan Zaman Dulu

desa-pixabay-

 

Kabupaten Sragen ini memiliki 20 kecamatan yang tersebar di berbagai daerah. Memiliki sejumlah desa dan kelurahan dengan total 208 dan memiliki jumlah penduduk dengan banyak 981.416 jiwa.

5 Nama daerah di Kabupaten Sragen 

1. Desa Saren 



Desa Saren ini masuk dan menjadi salah satu desa dengan nama yang cukup unik. Johan Wahyudi selaku tokoh masyarakat Kalijambe menjelaskan jika Saren berarti darah. Desa ini ada sejak zaman penjajahan dan penamaan ini dikarenakan banyaknya pejuang yang meninggal dunia. 

2. Desa Kalimacan 

Desa kalimacan ini masuk dan menjadi salah satu desa yang konon dibentuk karena saat melakukan perburuan macan, Demang Newung melaksanakan shalat dan mengikat macan di pohon dekat kali (sungai). Namun macan tersebut mati dan ia menguburkannya dekat sungai tersebut. 



×

3. Desa Karungan 

Desa karungan ini menjadi salah satu desa yang mana menjadi tempat peristirahatan Nyi Ageng Serang salah satu tokoh wanita pejuang pada tahun 1825 Masehi. 

4. Desa Kandangsapi 

Nama desa ini cukup unik dengan adanya nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Jenar. Asal usul nama desa ini berasal dari sejarah perjuangan Pangeran Mangkubumi. Sapi pada zaman dahulu merupakan hewan dengan simbol perjuangan. 

5. Desa Kebunromo 

Desa kebunromo ini diyakini sebagai nama sebuah stasiun kereta api pada zaman dulu yang sudah ada sejak zaman Belanda.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm