Kumpulan Ceramah Singkat Bulan Ramadhan 2023: Utamanya Berbuat Baik, Keutamaan Ahli Dzikir dan Syukur

Kumpulan Ceramah Singkat Bulan Ramadhan 2023: Utamanya Berbuat Baik, Keutamaan Ahli Dzikir dan Syukur

Kumpulan Ceramah Singkat Bulan Ramadhan 2023: Utamanya Berbuat Baik, Keutamaan Ahli Dzikir dan Syukur-HugoAtaide/pixabay-

Maka jangan pernah takut akan nikmat yang belum ada. Karena semuanya sudah ada di sisi Allah SWT. Yang seharusnya kita takutkan adalah jika kita tidak bersyukur atas karunia Allah yang telah kita rasakan selama ini. 

Padahal syukur itu adalah bagaikan tali, yang mengikat nikmat yang telah ada dan menarik nikmat yang belum ada. 



Takutlah jika tali ini tidak ada di dalam diri kita. Karena Allah SWT. berrman, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu..” (QS. Ibrahim [14] : 7)

Baca juga: Kisah Kiai Rofiq Malik Meninggal Saat Ceramah dan Sholawatan, Video Detik-Detik Hembuskan Nafas Terakhir Terekam Pengguna Tiktok

Jadi sebenarnya jangan sibuk memikirkan nikmat yang belum ada, melainkan sibuklah memikirkan syukur yang belum ada atas segala nikmat yang telah kita rasakan selama ini. Karena yang belum ada itu sudah janji Allah akan menambahkannya jikalau kita bersyukur.



×

Saudaraku, semoga Allah melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita menjadi ahli dzikir dan ahli syukur. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Itulah contoh ceramah singkat yang bisa diisi untuk acara bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm