Tradisi Unik Saat Ramadan di Berbagai Negara, Nomor 3 Hampir Mirip Patrol di Indonesia

Tradisi Unik Saat Ramadan di Berbagai Negara, Nomor 3 Hampir Mirip Patrol di Indonesia

Tradisi Ramadhan-chiplanay / 1450 images/pixabay-

Tradisi ini dilakukan oleh umat muslim Roma pada zaman dulu. Mereka memainkan musik balada dan didampingi dengan permainan lodra atau drum tradisional berlapis kulit domba.

2. Melakukan Permainan Tradisional Muheibes, Irak

Setelah berbuka bersama, pria muslim di negara Irak akan berkumpul untuk memainkan permainan tradisional muheibes yang merupakan permainan tebak-tebakan.



Baca juga: Bukan Main! Inilah 5 Tempat Wisata Terbaru di SUMENEP Madura, Cocok Buat Destinasi Jelang Ramadhan - Bukit Thawaf Jadi Idaman

Meskipun permainan ini sempat hilang, namun permainan ini kembali muncul pada tahun terakhir dan banyak warga Irak yang berupaya untuk tetap melestarikan permainan tradisional tersebut.

3. Membangunkan Sahur dengan Drum, Turki

Hampir mirip dengan Indonesia. Hanya saja, warga disana berkeliling membangungkan sahur menggunakan drum khas Turkiye bernama Davul.



×

Baca juga: STREAMING Donghua Spirit Sword Sovereign Episode 371 SUB Indo: Petuah Penting! Hari ini Selasa, 4 April 2023 di Tencent Video Bukan Anixina LokLok

Selain memainkan drum khas negara Turki, masyarakat yang memainkan drum tersebut memakai pakaian traadisional masa kekaisaran Ottoman.

4. Lentera Warna Warni, Mesir

Sebagian besar wilayah Mesir menyambut bulan suci Ramadhan dengan menyalakan lentera warna-warni. Tradisi ini dikenal dengan fanous atau fanus.

Tradisi ini diperkirakan berasal dari kekaisaran Fatimiyah ketika kekhalifahan Al Muizz Lidinillah disambut dengan lampion wberwarna-warni.

Baca juga: SOAL Ujian Sekolah PAI SMK 2023 dan Kunci Jawaban, 50 Contoh Soal US Agama Islam Kurikulum 2013 Kelas 12 SMK

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm