Download Kumpulan SOAL Pemetaan Kompetensi Online PAI 2023: Simak Soal Beserta Kunci Jawaban Soal Online GPAI Tahun Ini

Download Kumpulan SOAL Pemetaan Kompetensi Online PAI 2023: Simak Soal Beserta Kunci Jawaban Soal Online GPAI Tahun Ini

Ilustrasi -F1Digitals/pixabay-

 

7. Ketentuan berikut yang tidak termasuk dalam merumuskan Indikator Pencapaian
Kompetensi adalah ....

A. dirumuskan dari Kompetensi dasar (perhatikan kompetensi dan materi)
B. dirumuskan minimal 2 (dua) IPK untuk setiap KD
C. menggunakan kata kerja operasional (mudah diukur dan diamati).
D. spesifik (satu rumusan, menggunakan satu kompetensi dan satu materi).
E. memperhatikan hierarki kompetensi dan gradasi materi



Jawaban: B

8. “Membedakan malaikat dan manusia.” Berdasarkan tabel taksonomi Anderson dan
Krathwohl, rumusan IPK di atas termasuk ....

A. C2 (remember) dan pengetahuan faktual
B. C2 (understand) dan pengetahuan koseptual
C. C3 (apply) dan pengatahuan konseptual
D. C4 (analyze) dan pengetahuan faktual
E. C4 (analyze) dan pengetahuan konseptual



×

9. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) keterampilan abad 21 yang meliputi critical thinking, creativity, communication, dan collaboration

(2) pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar / mengasosiasi dan mengomunikasikan

(3) mengintegrasikan budaya literasi dalam kemampuan mengakses, memahami dan
menggunakan sesuatu dengan cara cerdas melalui berbagai aktivitas

(4) mengintegrasikan HOTS (Higher Order ofThinking Skills) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif dan metakognitif dan berpikir kreatif yang merupakan
kemampuan berpikir tingkat tinggi

(5) mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran terutama
karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.
Pernyataan yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013
ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (3), (4) dan (5)
C. (1), (2), (4) dan (5)
D. (1), (2), (3) dan (5)
E. (2), (3), (4) dan (5)

10. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk KD pada KI-3 dan KI-4 jika peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal adalah ....

A. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya
B. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan
C. diberikan pembelajaran remedial individual/klasikal sesuai dengan kebutuhan
D. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan
E. diberikan tugas pembelajaran individual sesuai dengan kebutuhan

11. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien (strategi)

(2) kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran (model)

(3) Titik tolak atau atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran (pendekatan)

(4) Cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode (teknik)

(5) Gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik (taktik)

(6) Cara yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung (metode)

Pernyataan yang merupakan pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran secara berurutan ditunjukkan pada nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), (5) dan (6)
B. (3), (1), (4), (6), (5) dan (2)
C. (2), (6), (1), (4), (5) dan (3)
D. (3), (1), (6), (4), (5) dan (2)
E. (2), (1), (6), (4), (5) dan (3)

12. Pernyataan berikut yang tidak termasuk ciri-ciri khusus dalam model pembelajaran adalah ....

A. adanya ketergantungan positif, saling memberikan motivasi sehingga ada interaksi promotif

B. Sistem pendukung: segala sarana, bahan dan alat yang diperlukan

C. sistem Sosial: situasi atau suasana dan norma yang berlaku dalam model tersebut

D. memiliki dampak pembelajaran dan pengiring akibat terapan model pembelajaran

E. memiliki bagian-bagian model yang dinamakan urutan langkah-langkah pembelajaran

13. Bruce Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun (2009) dalam bukunya Models of Teaching telah menggolongkan model-model pembelajaran menjadi empat rumpun model pembelajaran, yaitu ....

A. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem konseptual

B. model jurisprudensial, model sinektik, model inkuiri sosial, model sistem-sistem
perilaku

C. model jurisprudensial, model personal, model sosial, model sistem-sistem perilaku

D. model pemrosesan informasi, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku

E. model latihan kesadaran, model personal, model sosial, model sistem-sistem
perilaku

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm