Simak Kumpulan Soal KSM IPA MTs Tahun 2023 & Kunci Jawaban, Cek Soal PrediksI Kisi Kisi Soal PDF Kemenag

Simak Kumpulan Soal KSM IPA MTs Tahun 2023 & Kunci Jawaban, Cek Soal PrediksI Kisi Kisi Soal PDF Kemenag

Soal - Megan_Rexazin/pixabay-

 

Kompetisi ini akan diadakan untuk sejumlah siswa. Syarat siswa bisa terlihat dari kelas 4 -5 MI/SD sederajat, kelas 7-8 MTs/SMP sederajat, atau kelas 10-11 MA/SMA sederajat untuk tahun pelajaran 2022/2023.

Pelaksanaan KSM kali ini akan bergerak cepat yang mana akan melakukan visitasi venue KSM Nasional di Sulawesi Tenggara yang sudah ditetapkan sebagai tuan rumah yang mana kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2023. 



Berikut adalah beberapa contoh soal KSM IPA Terintegrasi Tingkat MTs/SMP 2023 yang telah disiapkan.

1. Dalam Q.S. Al-Alaq ayat 13-16 disebutkan satu kata “naashiyah” yang berarti ubun-ubun. Ubun-ubun merupakan bagian otak depan (frontal lobe). Pernyataan yang paling tepat mengenai frontal lobe adalah:

A. Sebagai pengendali aksi motorik dan perilaku



×

B. Sebagai memori dan indra pendengaran

C. Sebagai pengendali keseimbangan tubuh

D. Sebagai pengendali indra penglihatan

2. Dalam QS. Al-An'am Ayat 125 dinyatakan: "Barang siapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit.” Mekanisme pernapasan manusia dibagi menjadi dua, yaitu inspirasi dan ekspirasi. Manakah di bawah ini yang merupakan mekanisme inspirasi?

A. Inspirasi terjadi ketika diafragma dan otot dada berkontraksi. Kemudian, volume rongga dada dan paru-paru membesar, tekanan dalam paru-paru besar sehingga udara masuk ke paru-paru

B. Inspirasi terjadi ketika diafragma dan otot dada berkontraksi. Kemudian, volume rongga dada mengecil, paru-paru mengembang, tekanan dalam paru-paru kecil, dan udara masuk dari paru-paru

C. Inspirasi terjadi ketika diafragma dan otot dada berkontraksi. Kemudian, volume rongga dada dan paru-paru mengecil, tekanan dalam paru-paru besar dan udara masuk ke paru-paru

D. Inspirasi terjadi ketika diafragma dan otot dada berkontraksi. Kemudian, volume rongga dada membesar, paru-paru mengembang, tekanan dalam paru-paru kecil dan udara masuk ke paru-paru

3. Wanita baligh yang tidak diperbolehkan berpuasa, shalat, dan memegang mushaf secara fisiologis kondisi tubuhnya mengalami:

A. Hormon progesteron meningkat, estrogen menurun, dan endometrium menipis

B. Hormon prostaglandin meningkat, estrogen menurun, dan endometrium meluruh

C. Hormon progesteron dan estrogen menurun serta lapisan tuba fallopi pecah

D. Hormon FSH dan LH meningkat serta enzim plasmin di uterus memecah gumpalan darah

4. Seorang suami dan istri ingin melakukan al-Qiyafah terhadap anak perempuannya dengan menggunakan metode alel ganda. Suami memiliki alel golongan darah A heterozigot dan istri alel golongan B dengan homozigot. Maka, golongan darah anak perempuan mereka seharusnya adalah:

A. A atau B

B. A atau AB

C. AB atau B

D. AB atau O

5. Kebotakan pada manusia ekspresinya dipengaruhi oleh gonosom. Sifat tersebut tampak pada kedua macam jenis kelamin, namun pada pria ekspresinya lebih besar daripada wanita. Prof. Muslimin tidak mewarisi gen botak, sementara istrinya Prof. Muslimah mengalami kebotakan (XBXB). Jika anak laki-laki mereka menikah dengan wanita heterozigot, maka cucu laki-laki mereka memiliki kemungkinan:

A. 25% botak, 75% tidak botak

B. 50% botak, 50% tidak botak

C. 75% botak, 25% tidak botak

D. 100% botak

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm