3 Rangkuman Ceramah Ramadhan Beserta Nama Ustad atau Penceramahnya, Singkat dan Jelas

 3 Rangkuman Ceramah Ramadhan Beserta Nama Ustad atau Penceramahnya, Singkat dan Jelas

Nonton MV dan Lirik Lagu Ini Ramadhan Kita Kolaborasi Nasida Ria dan JKT48 Ramai Jadi Trend Baru di Medsos hingga Tiktok-PEXEL-

1. Ringkasan Ceramah Ramadhan: Memburukkan Dosa untuk Meraih Ampunan Ilahi

Dari ceramah Ustaz Muhamad Hanif Rahman, seorang pendakwah yang berpengalaman dari Ma'had Aly Al-Iman Bulus serta Pengurus LBM NU Purworejo,

Bulan Ramadhan terbuka sebagai kesempatan emas bagi umat Islam untuk menyucikan diri dan memohon ampunan dari Allah. Dalam bulan yang penuh berkah ini, pintu taubat terbuka lebar dan pahala amal baik dilipatgandakan.



Tentunya, memohon ampunan adalah tindakan yang dianjurkan sepanjang tahun, tetapi Ramadhan memberikan kesempatan istimewa untuk menyelami proses tobat dengan lebih dalam.

Baca juga: Sampai Tanggal Berapa Tiket Gratis Masuk Ancol Periode Ramadhan Berlangsung? Cek Jadwal Penutupan, Persyaratan dan Cara Dapatkan Tiketnya Secara Online

Tindakan ini tidaklah asing bagi Nabi Muhammad SAW, yang rutin bertobat sebanyak 100 kali setiap harinya sebagai contoh bagi umatnya.



×

Para ulama seperti Qodhi Iyadh dan Ibnu Hajar menyatakan bahwa tobat memiliki kekuatan untuk menghapus dosa-dosa kecil, sementara dosa besar memerlukan rahmat langsung dari Allah.

Namun, bagi mereka yang bertobat dengan sungguh-sungguh, janji ampunan Allah adalah pasti. Dengan tobat yang tulus, dosa-dosanya akan dihapuskan, dan pahala kebaikannya akan ditambahkan. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai waktu yang tepat untuk membersihkan diri dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Cek ringkasan berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm