Membangun Kabupaten Baru dengan Cerita yang Menarik Lewat Pemekaran Wilayah di Sultra dengan Luas Mencapai 5.779,47 km²

Membangun Kabupaten Baru dengan Cerita yang Menarik Lewat Pemekaran Wilayah di Sultra dengan Luas Mencapai 5.779,47 km²

sultra-AndiCrank/pixabay-

Bagian selatan Kabupaten Konawe Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bombana dan Muna, sementara di sebelah baratnya, berbatasan dengan Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur.

Tak heran jika daerah ini menjadi titik persilangan antara keindahan alam dan kehidupan masyarakat yang beragam.



Ketika pertama kali dibentuk, Konawe Selatan terdiri dari 11 kecamatan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan yang pesat, pada tahun 2017, jumlah kecamatan di kabupaten ini meningkat menjadi 25.

Perkembangan ini mencerminkan semangat dan komitmen untuk terus berkembang demi kesejahteraan masyarakat.



×

Diantara kecamatan-kecamatan tersebut adalah Tinanggea, Lalembuu, Andoolo, Andoolo Barat, Buke, Palangga, Palangga Selatan, Baito, Lainea, Laeya, Kolono, Kolono Timur, Laonti, Moramo, Moramo Utara, Konda, Wolasi, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Landono, Mowila, Sabulakoa, Angata, Benua, dan Basala.

Baca juga: Warga Sultra Sudah Tahu? Jika Kabupaten Konawe dan Kota Kendari Resmi Pisah dari Wilayah Sulawesi Tenggara? Ternyata Demi Buat Kabupaten Baru Bernama

Setiap kecamatan memiliki cerita dan potensi yang berbeda, menjadikan Konawe Selatan sebagai tempat yang menarik untuk dijelajahi dan diinvestasikan.

Dengan segala potensi yang dimiliki, Kabupaten Konawe Selatan semakin menunjukkan bahwa keberadaannya bukan sekadar angka di peta.

Melalui pemekaran wilayah yang dilakukan, Sultra tidak hanya bertambah satu kabupaten, namun juga menyimpan sejumlah kisah inspiratif yang menunjukkan semangat dan keberanian untuk terus maju ke depan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm