Viral Fenomena Solstis di Media Sosial, Apa Itu? Simak Penjelasan, Kejadian, Penyebab dam Dampak yang Ditimbulkan

Viral Fenomena Solstis di Media Sosial, Apa Itu? Simak Penjelasan, Kejadian, Penyebab dam Dampak yang Ditimbulkan

fenomena solstis-lenstraveller/unplash-

Belum lagi, durasi panjang siang hari akan lebih lama dibandingkan dengan durasi panjang saat malam hari. Periode ini biasa terjadi selama dua kali dalam setahun yakni pada bulan Juni dan Desember. 

Fenomena yang terjadi pada bulan Juni ini masuk dan menjadi fenomena dengan keadaan dimana matahari terletak paling utara pada saat tengah hari. Hal ini membuat matahari lebih lama dibandingkan malam hari.



Fenomena ini juga ada saat matahari dalam keadaan lebih cepat berada di belahan bumi. 

Fenomena di bulan Desember, fenomena ini akan berlangsung sebaliknya. Hal ini bisa dilihat saat matahari berada paling selatan pada saat tengah hari. Pada saat ini solstis Desember ini terjadi dan memungkinkan adanya siang hari lebih panjang. 

Fenomena pada bulan Desember ini juga akan memperlihatkan bahwa matahari akan terbit lebih cepat di bumi belahan selatan. 



×

Fenomena Solstis Tahun 2022

Informasi BRIN, fenomena ini akan terjadi pada tahun 2022 lebih tepatnya pada tanggal 21 Desember 2022. Hal ini akan terjadi pukul 04.43 WIB ketika matahari berada di rasi capriornius. 

Fenomena ini juga disebut dengan fenomena 'winter solstice' yang artinya titik balik musim dingin di belahan bumi bagian utara dan bagian selatan. 

Penyebab dan Dampak

Penyebab ini akan menyebabkan keadaan atau kondisi dimana bumi akan berotasi secara miring terhadap eliptika. Dampak yang akan terjadi saat fenomena ini berlangsung adalah bumi akan siang lebih panjang dibandingkan malam harii di belahan bumi bagian selatan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm