Apa Artinya Gerhana di Bulan Ramadhan 2024? Gerhana Bulan dan Matahari Terjadi di Pertengahan Puasa?

Apa Artinya Gerhana di Bulan Ramadhan 2024? Gerhana Bulan dan Matahari Terjadi di Pertengahan Puasa?

Apa Artinya Gerhana di Bulan Ramadhan 2024? Gerhana Bulan dan Matahari Terjadi di Pertengahan Puasa?-PEXEL-

Tidak hanya itu, bulan Ramadhan tahun 2024 juga akan disaksikan dengan adanya gerhana matahari total (GMT) yang direncanakan akan terjadi pada tanggal 8 April 2024.

Gerhana matahari total ini diproyeksikan bisa diamati di wilayah seperti Eropa Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Atlantik, dan Arktik.



Dalam konteks Islam, gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang menunjukkan keagungan ciptaan Allah SWT. Fenomena astronomi ini menjadi bukti nyata akan kebesaran Allah SWT. Dalam sabdanya, Rasulullah SAW menyampaikan:

“Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Ta’ala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian.” (HR Bukhari-Muslim).

Seperti yang tercantum dalam hadis yang terkait, kaum Muslim dianjurkan untuk menunaikan salat ketika terjadi gerhana.



×

Menilik kepada fakta bahwa dua peristiwa gerhana yang terjadwal pada bulan Ramadhan tahun 2024 tidak dapat disaksikan secara langsung di wilayah Indonesia, timbul pertanyaan apakah umat Islam di Indonesia diwajibkan untuk menjalankan salat gerhana atau yang dikenal sebagai salat kusufain.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm