Puasa Rajab 2023 Hari Apa? Berikut Bacaan Niat dan Panduan Puasa Rajab 2023 Serta Jadwal Tanggal Puasa Rajab

Puasa Rajab 2023 Hari Apa? Berikut Bacaan Niat dan Panduan Puasa Rajab 2023 Serta Jadwal Tanggal Puasa Rajab

Ziarah di Madura? Inilah 8 Tempat Wisata Religi di Madura yang Paling Dihormati Seluruh Masyarakat, Ada Masjid Unik yang Memikat Mata--

Puasa Rajab 2023 Hari Apa? Berikut Bacaan Niat dan Panduan Puasa Rajab 2023 Serta Jadwal Tanggal Puasa Rajab.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam kalender Islam. Dalam bulan ini, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Mi'raj, di mana Beliau dibawa kelangit oleh Jibril dan dapat bertemu dengan Allah SWT.



Dalam perjalanan tersebut, Rasulullah SAW juga mendapatkan perintah dari Allah untuk melaksanakan salat lima waktu yang harus dilakukan oleh umatnya.

Perjalanan Isra Mi'raj merupakan peristiwa yang sangat penting dalam Islam dan diperingati setiap tahun. Dalam bulan Rajab, umat Muslim di seluruh dunia mengingat perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan berdoa agar dapat mengikuti jejak Beliau dalam menjalin hubungan dengan Allah SWT.

Selain perjalanan Isra Mi'raj, bulan Rajab juga diyakini sebagai bulan yang mulia dan mendekatkan diri kepada Allah. Beberapa orang muslim berpuasa di bulan Rajab karena diyakini bahwa bulan ini akan menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu dan menambah pahala di sisi Allah.



×

Puasa Rajab sendiri merupakan puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 1 di bulan Rajab atau bulan ketujuh dalam kalender Islam.

Menurut hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa puasa pada bulan Rajab akan menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu. Selain itu, dalam beberapa riwayat juga dikatakan bahwa puasa di bulan Rajab akan menambah pahala dan kemuliaan di sisi Allah.

Terkait keutamaan puasa Rajab, Imam al-Ghazali dalam kitab Ihyâ 'Ulumiddîn mengutip dua hadits tentang puasa di bulan Rajab.

"Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram.

Kemudian dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa berpuasa selama tiga hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap satu harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun."

Dalam hadis lainnya Rasulullah SAW bersabda,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm