Wisudawan Cosplay 'Kartun' di Acara Wisuda Kampus? Tradisi Unik Kyoto University Beri Izin Mahasiswa Pakai Baju Cosplay

Wisudawan Cosplay 'Kartun' di Acara Wisuda Kampus? Tradisi Unik Kyoto University Beri Izin Mahasiswa Pakai Baju Cosplay

Ilustrasi cosplay-muhammad-faiz/unplash-

 

Universitas Kyoto kini menjadi perbincangan usai kebijakaannya yang mengizinkan mahasiswa yang di wisuda untuk menggunakan baju cosplay yang dikenakannya selama wisuda. 

Mahasiswa di Kyoto University diizinkan untuk bisa memperbolehkan mahasiswa nya menggunakan berbagai kostum cosplay. Hal ini diketahui pertama kali saat komedian bernama Dwarf menggungah sejumlah foto wisudawan yang tengah cosplay tersebut. 



Kampus memiliki tradisi panjang untuk menolak sikap otoriter. Maka dari itu mereka memberikan kebebasan bagi mahasiswanya. Namun banyak tidak semua mahasiswa memutuskan untuk menggunakan pakaian cosplay saat wisuda. 

Namun sebelum penggunaan cosplay ini ramai, pihak universitas Kyoto pernah melarang acara ini berlangsung. Hal ini pernah dilarang pada tahun 2011 sialm. Larangan ini dikirimkan melalui pesan email kepada mahasiswa sebelum wisuda. 

Hal ini dilakukan karena saat itu bertetapan dengan gempa di Jepang dan tidak baik jika kampus tidak mau menimbulkan kehebohan karena Jepang tengah berduka.



×

Namun budaya ini menjadi sangat unik dan menarik, dimana siswa bebas mengekspresikan dirinya dengan pakaian yang ia kenakan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm