Ramadhan Versi Muhamaddiyah Kapan? Simak Jadwal dan Penanggalan Ramadhan 1444 H Muhammadiyah

Ramadhan Versi Muhamaddiyah Kapan? Simak Jadwal dan Penanggalan Ramadhan 1444 H Muhammadiyah

Kalender -tigerlily713/pixabay-

Umur bulan sya'ban 1444 H ini lebih tepatnya berada 30 hari dan membuat Ramadhan jatuh pada tanggal 23 Ramadhan 2023. Hisab yang dilakukan dalam perhitungan Muhammadiyah ini dijelaskan menggunakan hisab hakiki kriteria wujudul hilal. 

Bulan qomariah baru dimulai pada hari ke-29 dan berjalan waktu mentari terbenam terpenuhi. Tiga kondisi yang bisa membuat sebuah keputusan bisa terlaksana ialah sudah terjadi ijtimak, ijtimak terjajdi sebelum mentari terbenam, dan waktu mentari terbenam bulan masih diatas ufufk. 



Jika salah satu hal diatas tidak terpenuhi maka keputusan Ramadhan baru akan dilaksanakan lusa. Metode hisab ini menjadi syarat bahwa eksistensi bulan dan mentari bisa terbenam dalam hari.

Namun ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, hal ini bisa dilihat dari ijtimak sebelum gurub maka malam itu atau esoknya merupakan bulan baru. 

Sementara pertimbangan lain juga bisa dirasakan dengan adanya pertimbangan mengenai waktu yang mana mentari terbenam bulan berada pada atas ufuk atau bawah ufuk. 



×

Muhammadiyah menyataakan bahwa eksistensi bulan atas ufuk waktu mentadi terbenam menjadi kriteria yang mulanya bisa disebut dengan bulan qomariah. 

Hilal ini berada pada saat ufuk yang mana ada pada hari ke 29 dan hal ini akan bersangkutan dengan hari berikutnya pada tanggal 30.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm