HASIL Pengumuman Seleksi Pantarlih Pemilu Tahun 2024 Sudah Keluar? Simak Jadwal dan Mekanisme Penetapan Anggota Pantarlih 2024

HASIL Pengumuman Seleksi Pantarlih Pemilu Tahun 2024 Sudah Keluar? Simak Jadwal dan Mekanisme Penetapan Anggota Pantarlih 2024

ilustrasi Interview-mohamed_hassan/pixabay-

 

Bagi masyarakat yang berencana akan mendaftarkan diri sebagai anggota pantarlih selama seleksi pemilu tahun 2024, perlu mengetahui beberapa informasi berikut yang bisa memudahkan Anda untuk mengetahui informasi selanjutnya. 

Tahapan seleksi pantarlih salah satunya yakni dengan adanya pengumuman hasil seleksi calon pentarlih 2024. Berdasarkan sejumlah sumber bahwa hasil seleksi akan disampaikan pada tanggal 3-5 Februari 2023. 



Jadwal proses seleksi Pantarlih 

Adapun tahapan selanjutnya adalah sebagai berikut:

- Penetapan nama hasil seleksi Pantarlih: 5 Februari 2023



×

- Jadwal pelantikan Pantarlih: 6 Februari 2023

Adapun mekanisme penetapan anggota Pantarlih Pemilu 2024, telah diatur dalam Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022.

Berikut ini adalah mekanismenya berdasarkan keputusan tersebut:

1. Pantarlih ditetapkan sesuai dengan berita acara seleksi PPS menetapkan Pantarlih berdasarkan berita acara hasil seleksi calon Pantarlih.

Penetapan ini dilakukan paling lambat 1 hari setelah tahapan pengumuman hasil seleksi berakhir.

Penetapan anggota Pantarlih yang terpilih dapat dilaksanaan dengan menggunakan keputusan PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten/Kota.

2. Pantarlih diangkat dan dilantik oleh PPS PPS berwenang dalam mengangkat dan melantik calon Pantarlih yang dinyatakan lulus pada seluruh tahapan seleksi yang ditetapkan.

Pantarlih akan diangkat dan dilantik sesuai dengan masa kerjanya. Pengangkatan dan pelantikan anggota Pantarlih bisa dilakukan secara luring.

Namun, apabila terdapat kondisi yang tidak memungkinkan pelantikan dapat dilakukan secara daring.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm