413 Alumni LPDP Belum Kembali ke Indonesia, Sri Mulyani Khawatir Alumni LPDP Lupa Jadi Orang Indonesia

413 Alumni LPDP Belum Kembali ke Indonesia, Sri Mulyani Khawatir Alumni LPDP Lupa Jadi Orang Indonesia

mahasiswa -StartupStockPhotos/pixabay-

 

Baru-baru ini beasiswa LPDP kembali dibuka oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk dukungan financial bagi-putra putri terbaik bangsa yang ingin kembali melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Namun, pembasan LPDP ini kembali hangat diperbicangkan pasalnya banyak yang merasa jika beasiswa LPDP ini tidak tepat sasaran bahkan banyak yang menyebutkan jika alumni tidak ingin kembali ke Indonesia. 



Sri Mulyani mengatakan jika para alumni LPDP ini sudah diberikan kebebasan untuk menentukan jurusan hingga universitas pilihan baik didalam negeri maupun luar negeri. 

Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman dengan tingkat tinggi. 

Sri Mulyani juga menjelaskan jika jumlah penerima beasiswa LPDP sejak tahun 2013 sejumlah 35.536 orang. 



×

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan jika seluruh penerima beasiswa tersebut dibiayai oleh hasil investasi dana abadi pendidikan yang berhasil mencapai lebih dari Rp.120 triliun.

Sementara itu untuk alumni LPDP yang belum kembali terdapat sejumlah pesetrta yakni sebanyak 413 alumni beasiswa yang belum kembali usai penyelesaikan pendidikannya. 

Andin Hardiyanto sekalu direktur utama LPDP menjelaskan bahwa sudah dilakukan usaha komunikasi kepada sejumlah awardee yang masih tinggal di luar negeri untuk kembali ke Indonesia.

Hal ini dikarenakan beberapa alasan yang menjelaskan bahwa penerima LPDP membutuhkan 6 bulan untuk melakukan urusan mereka diluar negeri dan hal tersebut bisa dimaklumi. 

Alumni LPDP yang Belum Pulang Hanya 1 Persen

Sejumlah mahasiswa LPDP yang belum kembali ke Indonesia hanya 400 orang. Andin menyebutkan jika itu terbilang sedikit. Pasalnya jika dibandingkan dengan total penerima beasiswa maka tidak sampai satu persen.

Andin juga memastikan jika pihaknya akan terus berusaha untuk memulangkan ratusan alumni LPDP ke Indonesia. Andin juga menjelaskan jika alumni yang tidak pulang akan dikenai sanksi dengan mengganti uang beasiswa LPDP. ***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm