Simak Contoh Teks Editorial Kutipan Pembelaan Terhadap KPK Bukanlah Lembaga Antirasuah Ini Tak Punya Kelemahan PDF Doc

Simak Contoh Teks Editorial Kutipan Pembelaan Terhadap KPK Bukanlah Lembaga Antirasuah Ini Tak Punya Kelemahan PDF Doc

Latihan 36 Contoh Soal PTS Matematika Kelas 7 Edisi Terbaru 2023 Khusus Semester 2 dan Jawaban Lengkap Beserta Pembahasan, Agar Penilaian Tengah Semester Lolos KKM-pixabay-

Secara KBBI editorial berarti sebuah artikel yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat. Teks editorial dalam sebuah surat kabar biasanya terletak pada bagian opini. 

Teks editorial ini masuk dalam tahapan gambaran yang menjelaskan mengenai sejumlah redaksi terhadap sebuah topik atau peristiwa. 



Sebelumnya pada salah satu isu teks editorial seperti kutipan KPK,  bukanlah berarti lembaga antirasuah ini tak mempunyai kelemahan", ada sejumlah bagian yang harus dijelaskan. 

1. Pengenalan Isu

Hal pertama atau paragraf pembuka yang mengawali sebuah teks editorial adalah pengenalan isu.



×

Di dalamnya ada teks pendahuluan tentang suatu peristiwa atau topik aktual yang akan ditangapi oleh pihak redaksi surat kabar. 

2. Menyampaikan argumen

Setelah dipaparkan pengenalan isu, selanjutnya mulai dibahas dan diungkapkan tanggapan redaktur dari media tentang suatu peristiwa secara aktual.

Penyampaian argumen-argumen harus berdasarkan bukti pendukung untuk memperkuat pernyataan umum.

Bukti pendukung didapatkan dari pernyataan para ahli, referensi terpercaya, dan hasil penelitian.

3. Kesimpulan

Kesimpulan dalam teks editorial adalah menjadi penutup berupa pernyataan. Dalam teks editorial, kesimpulan berisi kritik, saran, dan harapan terkait suatu fenomena.

Pembahasan

Berikut ini akan dibahas tentang struktur teks editorial tentang kutipan "pembelaan terhadap KPK, bukanlah berarti lembaga antirasuah ini tak mempunyai kelemahan".

Kutipan lengkap:

Pembelaan terhadap KPK, bukanlah berarti lembaga antirasuah ini tak mempunyai kelemahan.

Sebagai lembaga dengan begitu banyak anggota, KPK tentunya punya kelemahan, sama dengan DPR yang juga punya banyak kelemahan.

Kelemahan yang ada pada KPK bukan dalam arti lembaga itu harus dibubarkan atau dilemahkan melalui hak angket DPR, melainkan KPK harus diperbaiki.

Publik masih membutuhkan KPK untuk memerangi para penjarah uang rakyat yang menyengsarakan rakyat.

Pertanyaan:

Bagian struktur teks editorial yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah...

Pada pertanyaan diatas Anda harus cermat memahami mengenai adanya bagian dari teks editorial atau kutipan teks yang menyesuaikan kepada bagian dari argumentasi yang harusnya diungkapkan dalam teks tersebut.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm