APA Itu Teks Editorial? Simak Contoh dan Teks Editorial Kutipan Pembelaan Terhadap KPK Bukanlah Lembaga Antirasuah Ini Tak Punya Kelemahan Beserta Soal Diskusi

APA Itu Teks Editorial? Simak Contoh dan Teks Editorial Kutipan Pembelaan Terhadap KPK Bukanlah Lembaga Antirasuah Ini Tak Punya Kelemahan Beserta Soal Diskusi

Download PDF 25 Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Keas 6 SD dan MI Terbaru 2023 Full Pilihan Ganda -Green Chameleon/UNPLASH-

Bagi Anda yang tengah belajar dan memahami struktur teks editorial harus memahami penjelasan teks editorial berikut ini. 

Kutipan tentang bagian dari KPK imi tengah banyak dicari terkait struktur teks editorial dan mencoba memahami penjelasan mengenai teks editorial atau teks suntingan kutipan KPK,  bukanlah berarti lembaga antirasuah ini tak mempunyai kelemahan".



Sebelumnya pada salah satu isu teks editorial seperti kutipan KPK,  bukanlah berarti lembaga antirasuah ini tak mempunyai kelemahan", ada sejumlah bagian yang harus dijelaskan. 

1. Pengenalan Isu

Hal pertama atau paragraf pembuka yang mengawali sebuah teks editorial adalah pengenalan isu.



×

Di dalamnya ada teks pendahuluan tentang suatu peristiwa atau topik aktual yang akan ditangapi oleh pihak redaksi surat kabar. 

2. Menyampaikan argumen

Setelah dipaparkan pengenalan isu, selanjutnya mulai dibahas dan diungkapkan tanggapan redaktur dari media tentang suatu peristiwa secara aktual.

Penyampaian argumen-argumen harus berdasarkan bukti pendukung untuk memperkuat pernyataan umum.

Bukti pendukung didapatkan dari pernyataan para ahli, referensi terpercaya, dan hasil penelitian.

3. Kesimpulan

Kesimpulan dalam teks editorial adalah menjadi penutup berupa pernyataan. Dalam teks editorial, kesimpulan berisi kritik, saran, dan harapan terkait suatu fenomena.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm