Sejarah Kabupaten Jombang Gerbangnya Majapahit, Pertarungan Mistis Kebo Kicak hingga Awal Mula Munculnya Penyakit Misterius

Sejarah Kabupaten Jombang Gerbangnya Majapahit, Pertarungan Mistis Kebo Kicak hingga Awal Mula Munculnya Penyakit Misterius

Diiming-Iming Nikah! Pria di Jombang Setubuhi Gadis SMP di Gudo hingga Diringus Polisi, Ibu Korban Kecewa Berat?-@whorsyd/instagram-

Asal Usul Nama Jombang

Pasca jatuhnya pemerintahan Kerajaan Majapahit, wilayah Jombang mengalami kekacauan. Salah satunya adalah kemunculan Surontanu sebagai penjahat sakti yang tak ada bandingannya, membuatnya ditakuti oleh masyarakat umum.

Berdasarkan cerita rakyat yang ada, konon daerah Jombang merupakan tempat pertempuran antara Kebo Kicak dengan Surontanu, seorang petarung yang terkenal sakti di daerah tersebut.



Masalah muncul ketika sapi peliharaan Surontanu diduga memiliki roh halus yang menyebabkan munculnya penyakit aneh.

Penyakit itu mewabah karena sangat sulit disembuhkan dengan berbagai obat.

Pasien yang mengeluh sakit pada siang hari meninggal pada malam hari dan sebaliknya.



×

Kebo Kicak dikirim untuk menangkapnya untuk menghancurkan penyamaran penyebab penyakit.

Baca juga: Belanja Untung! Inilah Pusat Grosir di Jombang dari 3 Mall Besar yang Sediakan Segala Kebutuhan! Cek Lokasinya Disini

Baca juga: Lokasi 3 Mall Mewah di Sidoarjo Jawa Timur, Awas Kalap dan Awas Ketemu Idamanmu yang Juga Belanja Disini!

Baca juga: Cuci Mata di 3 Mall Terkenal di Banyuwangi Jawa Timur, Fasilitas Lengkap Pusat Nongkrong Emak-Emak dan Bapak-Bapak Nih, Keluargamu Suka Disini?

Nama Kebo mencuat karena dikutuk orang tuanya seperti lembu karena sifatnya yang durhaka.

Kebo Kicak yang dikutuk berkali-kali berpindah tempat hingga bertemu dengan Kyai yang mengantarkannya bertapa.

Kyai kemudian meminta Kebo Kicak menggunakan kesaktiannya untuk melawan Surontanu guna mengakhiri penderitaan rakyat akibat penyakit tersebut.

Mendengar perintah itu, Kebo Kicak menuruti perintah itu dan pergi melawan Surontanu.

Pertempuran antara keduanya sengit dan masing-masing mengeluarkan kekuatan mereka. Saking besarnya hingga memancarkan cahaya yang berwarna hijau (green) dan merah (Red).

Penampakan cahaya sakti itu kemudian melahirkan nama Jombang yang merupakan gabungan dari istilah Hijau (IJO) dan Merah (ABANG).

Simak sejarah Jombang ada pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm