Daerah Apa Saja dengan Julukan Kota Santri di Indonesia? Bukan Cuma Jombang Ternyata Daerah ini Juga Punya Julukan Kota Santri

Daerah Apa Saja dengan Julukan Kota Santri di Indonesia? Bukan Cuma Jombang Ternyata Daerah ini Juga Punya Julukan Kota Santri

Santri-mufid-majnun/unplash-

 

1. Tuban 

Kota pertama adalah Tuban menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dijuluki 'Kota Santri'. Terdapat pesantren yang cukup populer di masyarakat, yakni Pondok Pesantren Langitan.



2. Gresik

Selanjutnyam masih di daerah Jawa Timur, Gresik juga masuk dalam daftar daerah yang dijuluki 'Kota Santri'. Kabupaten Gresik juga dikenal dengan dua tokoh penting yang menyebarkan agama Islam, yakni Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim.

3. Cirebon



×

Kemudian dilanjutkan dengan Cirebon yang dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di bagian Barat Pulau Jawa, yang sekaligus memiliki banyak pesantren, salah satunya Pesantren Al-Bahjah milik Buya Yahya.

4. Cianjur

Daerah selanjutnya yang dijuluki kota Santri adalah Cianjur juga merupakan kabupaten di Jawa Barat yang dijuluki sebagai 'Kota Santri'.

Kabupaten ini dinobatkan sebagai ''Kota Santri', lantaran di Cianjur memiliki banyak pesantren yang digunakan sebagai menimba ilmu agama.

5. Martapura

Tidak hanya ada di daerah Jawa, kini ada daerah juga yang masuk dalam daerah dengan julukan kota santri tersebut.

Terletak di Pulau Kalimantan, Martapura terletak di Kalimantan Selatan, yang juga masuk dalam daftar 'Kota Santri'.Selain dikenal dengan Kota Intan, Martapura adalah Kota yang banyak mendirikan pondok pesantren, diantaranya adalah Pesantren Darussalam yang sudah berdiri sejak 1914.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm