Sunyi Gak Punya Tetangga! 5 Daerah Sepi di Kalimantan Timur, Nomor 1 Kira-Kira Daerah Mana Ya?

Sunyi Gak Punya Tetangga! 5 Daerah Sepi di Kalimantan Timur, Nomor 1 Kira-Kira Daerah Mana Ya?

Sunyi Gak Punya Tetangga! 5 Daerah Sepi di Kalimantan Timur, Nomor 1 Kira-Kira Daerah Mana Ya?-syifa devi /PIXABAY-

Salah satu daerah tersepi tersebut adalah Paser, yang meskipun memiliki jumlah penduduk yang sebenarnya cukup banyak, namun luas wilayahnya yang mencapai 11.096,96 km persegi membuat daerah ini terasa sepi.

Hal yang sama juga terjadi pada Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Mahakam Ulu, yang semuanya memiliki luas wilayah yang cukup besar namun penduduknya sangat minim.



Meskipun demikian, keberadaan daerah-daerah tersepi ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh persebaran penduduk yang tidak merata. Sebagian wilayah Kalimantan Timur merupakan daerah hutan dan tambang, sehingga tidak dihuni oleh banyak penduduk.

Baca juga: Sinopsis Ikatan Cinta Malam ini Minggu, 26 Februari 2023: Nia Meninggal Dunia, Aldebaran Kembali Kehilangan Reyna

Baca juga: Profil Lengkap Shane Lukas Teman Mario Dandy yang Jadi Tersangka Kedua Kasus Penganiayaan David



×

Baca juga: Trailer Attack on Titan Season 4 Part 3 Resmi Rilis, Ungkap OST Baru dan Kengerian Founder Titan Eren

Namun, hal ini juga menjadi tantangan bagi pemerintah dalam memperluas wilayah dan memperbaiki pemerataan penduduk di Kalimantan Timur dan Indonesia.

Diharapkan dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN), rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat menjadi pemicu bagi pertumbuhan dan perkembangan wilayah tersebut.

Dengan demikian, penduduk di daerah tersepi seperti Paser, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Mahakam Ulu dapat merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.***

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm