3 Pondok Pesantren Tertua Muhammadiyah - Ada MADRASAH MU'ALLIMIN YOGYAKARTA hingga Pondok Modern Muhammadiyah Paciran

3 Pondok Pesantren Tertua Muhammadiyah - Ada MADRASAH MU'ALLIMIN YOGYAKARTA hingga Pondok Modern Muhammadiyah Paciran

santri-mufidpwt / 563 images/pixabay-

SITNAS.id - Pondok Pesantren adalah sebuah institusi pendidikan yang biasa ditemukan di Indonesia, khususnya Jawa. Institusi ini fokus pada pendidikan agama Islam dan pengembangan karakter siswa. Tiga pondok pesantren tertua di Muhammadiyah ini ternyata ada yang berada di Yogyakarta. 

Pondok Pesantren berasal dari tradisi pendidikan Islam di Indonesia yang bermula pada abad ke-16, ketika masyarakat mulai menyadari pentingnya pendidikan agama dalam kehidupan sehari-hari.



Pondok Pesantren biasanya terletak di pedesaan dan berisi fasilitas sederhana, seperti bangunan kayu dan masjid. Siswa yang tinggal di pondok pesantren diasramakan dan harus mengikuti aturan yang ketat, seperti jam malam dan jadwal shalat.

Baca juga: Siapa Ayah Kandung Anak Syaima Salsabila? Benarkah Jeffry Riga Mantan Pacar yang Membuatnya Terjerat Narkoba?

Baca juga: OMG Bisa Hemat! Katalog Harga Promo Indomaret Hari ini Jumat 3-5 Maret 2023, Snack, Skincare, Kue Lebaran hingga Bodycare Lengkap!



×

Baca juga: Buruan Jangan Ketinggalan! Indomie Yatai Viral di Twitter Buka Cuma Sampai 5 Maret 2023? Cek Informasi Selengkapnya

Di pondok pesantren, siswa akan belajar membaca Al-Quran, hafalan Al-Quran, tafsir, hadis, fiqh, sejarah Islam, dan bahasa Arab. Selain itu, mereka juga akan belajar kegiatan keseharian seperti pertanian, peternakan, dan kerajinan tangan.

Di Indonesia khususnya Muhammadiyah, terdapat berbagai macam pondok pesantren yang terkenal. Pondok pesantren ini memiliki sejarah dan keunikan tersendiri serta banyak dijadikan tempat belajar bagi siswa dari berbagai kota di Indonesia.

3 Pondok Pesantren Tertua Muhammadiyah 

Berikut kami sajikan informasi pondok pesantren tertua Muhammadiyah di Jawa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm