Siapa Sosok Jung Myeong Seok JMS? Tokoh Viral dari Korea Selatan, Mengakui sebagai Tuhan di Dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal

Siapa Sosok Jung Myeong Seok JMS? Tokoh Viral dari Korea Selatan, Mengakui sebagai Tuhan di Dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal

Siapa Sosok Jung Myeong Seok JMS? Tokoh Viral dari Korea Selatan, Mengakui sebagai Tuhan di Dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal--

Siapa Jeong Myeong Seok?

Jeong Myeong-Seok (alias Jung Myung-Seok) lahir pada tahun 1945 dan mendirikan gerakan keagamaan Providence pada tahun 1980 di Korea Selatan. Gerakan ini berbasis di Wol Myeong-dong dan dikenal dengan beberapa nama, termasuk Jesus Morning Star (JMS).

Gerakan ini terutama melayani kelompok usia yang lebih muda yang berbasis di perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya dan berhasil memperoleh banyak pengikut pada tahun 80-an dan 90-an.



Dalam ajarannya, Myeong-Seok menyebut dirinya sebagai Mesias atau kedatangan Yesus yang kedua kali. Dia memandang Alkitab sebagai metafora untuk hal-hal yang benar-benar terjadi dan mengklaim bahwa "dosa utama" yang dilakukan oleh Hawa dalam Alkitab adalah tidur dengan Setan.

Baca juga: Kisah Nyata! NONTON Series Dokumenter Korea, In the Name of God: A Holy Betrayal (2023) Full Episode 1-8 SUB Indo, Tayang Netflix Viral Bukan Drakorid

Baca juga: SINOPSIS Series Dokumenter Korea, In the Name of God: A Holy Betrayal (2023) Netflix - Empat Pemimpin ini Mengaku Sebagai Tuhan!



×

Baca juga: Series Dokumenter Korea, In the Name of God: A Holy Betrayal (2023) Tayang Dimana? Berikut info Penayangan dan Preview

Namun, dia juga akan mengelilingi dirinya dengan sekelompok wanita muda yang disebutnya sebagai Mempelai Tuhan. Seperti yang terlihat dalam serial dokumenter Netflix, dia sering melakukan hubungan intim dengan para wanita ini.

Myeong-Seok menyatakan bahwa keintimannya dengan para wanita ini adalah kehendak Tuhan dan dimaksudkan untuk menyembuhkan mereka dari penyakit mereka. Dia bahkan menyebut dirinya sebagai "Adam Sempurna".

Meskipun banyak wanita yang menerima kata-katanya dan memandangnya sebagai inkarnasi Tuhan, banyak orang lain yang sangat tidak setuju dengan tindakannya dan berusaha untuk menentangnya serta meminta pertanggungjawabannya di mata hukum.

Dalam praktiknya, gerakan Providence yang dipimpin oleh Myeong-Seok dianggap sangat kontroversial karena penyalahgunaan kekuasaan dan seksualitas.

Banyak orang yang merasa gerakan ini mengambil keuntungan dari para pengikutnya dan melanggar hak-hak mereka. Pada akhirnya, Myeong-Seok ditangkap dan dihukum karena tindakan kriminalnya dan gerakan Providence dilarang oleh pemerintah Korea Selatan.

Dimana Jeong Myeong-Seok Berada Saat ini?

Jeong Myeong-Seok sering kali terjebak dalam masalah hukum karena perlakuannya terhadap banyak wanita. Pada tanggal 4 Oktober 2022, dia dipenjara oleh pengadilan distrik di Distrik Daejeon karena berbagai tuduhan pelecehan seksual yang diajukan oleh beberapa wanita.

Ada beberapa korban pelecehan seksual, termasuk Maple Yin atau Jeong Soo-Jeong, seorang wanita muda asal Hong Kong, China, yang juga muncul di serial dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal.

Ada juga seorang wanita asal Australia bernama Amy yang mengaku dianiaya oleh Myeong-Seok dan menceritakan kisahnya dalam serial tersebut.

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai kapan dan apakah persidangan akan dilakukan terhadap Jeong Myeong-Seok. Jika ia dinyatakan bersalah atas tuduhan pelecehan seksual, hukuman minimum untuk kejahatan semacam itu adalah tiga tahun.

Baca juga: NGERI! Download Streaming Dokumenter, In the Name of God: A Holy Betrayal (2023) Full Episode 1 2 3 4 5 6 7 8 SUB Indo, Viral Netflix Bukan DramaQu LokLok

Baca juga: Kisah Nyata Pendeta Cabul Ketua Sekte Sesat di Korea Selatan jadi Serial Dokumenter di Netflix In the Name of God: A Holy Betrayal 2023

Ini bukan kali pertama Myeong-Seok dipenjara karena dituduh melakukan pelecehan seksual. Pada tahun 2001, ia dituduh melakukan pelecehan seksual oleh beberapa pengikutnya, tetapi dia melarikan diri dari negara itu sebelum dapat ditahan.

Akhirnya, pada Mei 2007, Myeong-Seok ditangkap di China dan dibawa kembali ke Korea Selatan pada Februari 2008.

Pada bulan Agustus tahun terakhir, Presiden JMS dihukum oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul selama enam tahun penjara. Hukumannya diperpanjang menjadi sepuluh tahun oleh Pengadilan Tinggi Seoul pada Februari 2009.

Walaupun pemimpin agama itu dibebaskan pada tahun 2018, dia masih harus memakai gelang kaki elektronik.

Dua wanita yang membuat tuduhan baru-baru ini mengklaim bahwa mereka menjadi korban Jeong Myeong-Seok setelah ia dibebaskan dari penjara. Saat ini, dia kemungkinan akan tetap ditahan di penjara di Korea Selatan sampai ada tindakan lebih lanjut.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm