Inilah 5 Nama Desa Unik di Kabupaten SRAGEN Jawa Tengah, Nama Daerah Ini Terkenal dengan Asal Muasal Brandal Sukowati

Inilah 5 Nama Desa Unik di Kabupaten SRAGEN Jawa Tengah, Nama Daerah Ini Terkenal dengan Asal Muasal Brandal Sukowati

Inilah 4 Desa Wisata Bak Surga di Kalimantan Timur, Terkenal hingga Dunia dan Cocok Untuk Staycation Bareng Pasangan-acandraja/pixabay-

 

Kabupaten Sragen ini dibatasi oleh sejumlah wilayah lainnya seperti kabupaten Boyolali di bagian barat, Grobongan di bagian utara, Karanganyar di selatan. 

Selain itu, sejumlah wilayah dengan nama yang unik dan menarik ini juga konon terkenal karena asal muasalnya yang melibatkan sejarah dan budaya yang amat kental. 

5 Nama daerah di Kabupaten Sragen 



1. Desa Saren 

Desa Saren ini masuk dan menjadi salah satu desa dengan nama yang cukup unik. Johan Wahyudi selaku tokoh masyarakat Kalijambe menjelaskan jika Saren berarti darah. Desa ini ada sejak zaman penjajahan dan penamaan ini dikarenakan banyaknya pejuang yang meninggal dunia. 

2. Desa Kalimacan 



×

Desa kalimacan ini masuk dan menjadi salah satu desa yang konon dibentuk karena saat melakukan perburuan macan, Demang Newung melaksanakan shalat dan mengikat macan di pohon dekat kali (sungai). Namun macan tersebut mati dan ia menguburkannya dekat sungai tersebut. 

3. Desa Karungan 

Desa karungan ini menjadi salah satu desa yang mana menjadi tempat peristirahatan Nyi Ageng Serang salah satu tokoh wanita pejuang pada tahun 1825 Masehi. 

4. Desa Kandangsapi 

Nama desa ini cukup unik dengan adanya nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Jenar. Asal usul nama desa ini berasal dari sejarah perjuangan Pangeran Mangkubumi. Sapi pada zaman dahulu merupakan hewan dengan simbil perjuangan. 

5. Desa Kebunromo 

Desa kebunromo ini diyakini sebagai nama sebuah stasiun kereta api pada zaman dulu yang sudah ada sejak zaman Belanda.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm