5 Kuliner Khas Pontianak yang Banyak Diserbu di Bulan Ramadhan: Cita Rasa dan Cara Pengolahan yang Unik Bikin Nagih

5 Kuliner Khas Pontianak yang Banyak Diserbu di Bulan Ramadhan: Cita Rasa dan Cara Pengolahan yang Unik Bikin Nagih

5 Kuliner Khas Pontianak yang Banyak Diserbu di Bulan Ramadhan-tresiahoban/pixabay-

5 Kuliner Khas Pontianak yang Banyak Diserbu di Bulan Ramadhan

  1. Talam Ebi

Makanan berbahan dasar tepung sagu ini menjadi incaran masyarakat sebagai menu untuk berbuka puasa. Makanan dengan taburan ebi atau udang kecil kering di atasnya memilikii rasa yang kenyal, gurih, dan asin.

Kuliner ini dulunya berbentuk loyang segi empat dan dipotong kecil-kecil. Tapi kini, jajanan tersebut banyak disajikan dalam bentuk seperti mangkuk kecil. Disebut sebagai talam karena talam ebi disuguhkan di atas talam atau nampan.

  1. Bingke


Bingke merupakan salah satu kuliner khas Pontianak yang biasa ditemui sehari-hari, apalagi saat bulan Ramadan. Makananbercita rasa manis dan sedikit gurih ini terbuat dari tepung beras, telur, gula pasir, dan santan kelapa.

Bingke ini sendiri memiliki berbagai macam variasi yang disajikan mulai dari Bingke Berendam, Bingke Susu, Bingke Pandan, Bingke Durian, Bingke Ubi, dan banyak varian lainnya.

  1. Jorong-jorong

Makanan yang biasanya disajikan diatas daun pandan ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis dengan berbagai topping di atasnya. Biasanya, jorong-jorong dimakan dengan selai buah-buahan, butiran coklat, ataupun krimer kental manis coklat diatasnya menjadi kuliner yang cocok untuk berbuka puasa.

  1. Sotong Pangkong


×

Sotong pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar sotong yang dikeringkan. Makanan khas Pontianak ini hanya hadir di bulan Ramadan sehingga banyak masyarakat yang mencari kuliner ini untuk menu berbuka puasa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm