Bukan Sarjana! Lulusan Ini Miliki Tingkat Pengangguran Tertinggi di Jawa Barat, Siap-siap Cari Loker!

Bukan Sarjana! Lulusan Ini Miliki Tingkat Pengangguran Tertinggi di Jawa Barat, Siap-siap Cari Loker!

sarjana-leon-wu/unplash-

Sebelumnya, pengganguran di Jawa Barat mengalami peningkatan hingga tahun 2019 sebesar 0,84 persen. Hal ini dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang menyulitkan seseorang dalam mencari pekerjaan. 

Hal itu juga terlihat dari banyaknya perusahaan yang gulung tikar akibat pandemi. Pada sejumlah hasil tersebut tingkat pengangguran terbuka atau TPT pada tahun 2021 menunjukkan adanya perbaikan kondisi ekonomi. 



Hal ini terlihar dari banyaknya tenaga kerja yang berhasil terserap dengan baik dan berpengaruh dengan hasil kerja. Menurut buku NDIKATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT PROVINSI JAWA BARAT 2022 tingkat pengguran tertinggi di Jawa Barat ternyata lulusan SMK. 

Setelah itu, disusul dengan tamatan SMA dan SMP kemudian lulusan univeritas dan selanjutnya, lulusan SD yang terendah presentasenya yakni 6,07 persen.

Berikut kabupaten dengan jumlah perusahaan terbanyak. 



×

Pamekasan 

Belum banyak tahu jika Pamekasan masuk dalam kabupaten degan jumlah perusahaan terbanyak sebesar 45.883 perusahaan. Jumlah itu bahkan jauh lebih banyak dari Ibu Kota Jawa Timur, yakni Surabaya yang hanya mencapai 13.870 saja.

Bondowoso 

Bondowoso sendiri kerap kali disebut dalam kabupaten dengan daerah teringgal di Jawa Timur. Namun belum banyak yang tahu bahwa kabupaten ini memiliki 42.773 perusahaan yang juga berdampak pada perkembangan ekonominya. 

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm