Biodata Ryuichi Sakamoto, Musisi Elektronik Legendaris Jepang Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun

Biodata Ryuichi Sakamoto, Musisi Elektronik Legendaris Jepang Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun

Ryuichi Sakamoto-skmtgram/instagram-

Profil Ryuichi Sakamoto

Ryuichi Sakamoto lahir di Tokyo, Jepang, 17 Januari 1952 ini mulai belajar untuk menggubah lagu di usia 10 tahun. Inspirasi yang ia dapat dari band asal Inggris, The Beatles dan komposer asal Prancis, Claude Debussy.

Karir Ryuichi Sakamoto sebagai musisi elektronik terkenal melalui grup Yellow Magic Orchestra (YMO) bersama dengan mendiang Yukihiro Takahashi (drumer) yang meninggal 11 Januari lalu dan Haruomi Hosono (bass) pada 1978.



Bermain sebagai kibords, inovasi musik yang dimainkan YMO mempengaruhi techno-pop dan hip-hop. Nama YMO sejajar dengan musisi asal Jepang Isao Tomita dan band legendaris asal Jerman, Kraftwerk.

Baca juga: NONTON Donghua Ancient Myth Episode 72 SUB Indo: Penyerangan Berkala! Tayang Hari ini Senin, 3 April 2023 di iQIYI Bukan Anichin LokLok

Baca juga: Anupamaa dan Anuj Tampilkan Tarian Memukau di Upacara Sangeet Jelang Pernikahan, Sinopsis Anupamaa Hari ini 3 April 2023 di ANTV



×

Ryuichi Sakamoto pernah mengisi score sekaligus berlakon dalam film Merry Christmas, Mr. Lawrence (1983). Dalam karya tersebut berhasil memenangkan penghargaan BAFTA kategori musik film terbaik (Best Film Musik).

The Last Emperor (1987) memenangkan hadiah Oscar, grammy, dan Golden Globe. Seperti film Merry Christmas, Mr Lawrence, dia juga berperan pada film yang mengisahkan kaisar terakhir China, Puyi.

Sukamoto dua kali menikah pada 1972 dan 1982, dan tinggal bersama dengan Noriko Sora yang jadi manajernya sejak 1990.

Sukamoto menderita kangker usus besar stadium empat Juni 2022 dan setelah Januari 2021 menderita kangker tenggorokan.

Baca juga: TERLENGKAP! Jadwal Kapal Pelni Sirimau Periode 2 Hingga 18 April 2023, Berlaku Bagi Semua Rute!

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm