251 Km dari Palembang! Kota Kecil Ini Terpilih Jadi Ibukota Provinsi Palapa Pemekaran Sumsel dan Bengkulu, Bikin Syok Ini Alasannya Jadi Daerah Baru

251 Km dari Palembang! Kota Kecil Ini Terpilih Jadi Ibukota Provinsi Palapa Pemekaran Sumsel dan Bengkulu, Bikin Syok Ini Alasannya Jadi Daerah Baru

jalan-tom-fisk/pexels-

Selanjutnya, ada usulan untuk membentuk Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar), yang terdiri dari 2 kota dan 6 kabupaten yang saat ini sedang dibahas oleh Pemerintah Pusat.

Calon ibukota provinsi akan dipilih dari tiga opsi, yaitu Kota Lubuklinggau, Kota Pagaralam, atau Kabupaten Lahat.



Kabupaten-kabupaten yang termasuk dalam Sumselbar adalah Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, dan PALI.

Kota Pagaralam, Lahat, dan Empat Lawang berasal dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan Bengkulu Selatan, Seluma, dan Kaur berasal dari Provinsi Bengkulu.

Baca juga: 24 Jam Buka! Warung Kopi di Pedalaman Hutan Mojokerto ini Pembelinya di Malam Hari Ternyata Para Dedemit Dengan Desain Estetik Instagramable Banget!



×

Ibukota provinsi akan berada di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Semua usulan ini didasarkan atas aspirasi masyarakat dan tokoh setempat, serta mengingat luas wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang mencapai 91.592 kilometer persegi dan jumlah penduduknya mencapai 8.657.008 jiwa menurut hasil sensus BPS tahun 2022.

Meskipun belum ada kepastian terkait pemekaran ini, usulan-usulan tersebut menawarkan potensi pengembangan wilayah dan pemerataan pembangunan di masing-masing provinsi baru.

Proses pemekaran akan terus dibahas dan dipantau oleh pihak terkait untuk keputusan selanjutnya. Kita tunggu perkembangan selanjutnya dari usulan-usulan menarik ini!

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm