Provinsi Bengkulu Siap-siap Makin Sempit! 6 Daerah Ini Putuskan Berpisah dan Gabung Provinsi Baru Tinggalkan Kabupaten Rejang Lebong

Provinsi Bengkulu Siap-siap Makin Sempit! 6 Daerah Ini Putuskan Berpisah dan Gabung Provinsi Baru Tinggalkan Kabupaten Rejang Lebong

jalan-tom-fisk/pexels-

Kabar terbaru tentang pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan menggembirakan, karena muncul usulan untuk pembentukan 4 provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Meskipun moratorium DOB masih berlaku oleh Pemerintah Pusat, wacana ini terus dibahas dan menjadi sorotan.



Salah satu usulan terhangat adalah Provinsi Musi Raya, yang akan menjadi hasil pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan.

Provinsi Musi Raya ini akan terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten, dengan Kota Lubuklinggau menjadi calon ibukota provinsi.

Kabupaten-kabupaten yang termasuk dalam wilayah OKE adalah OKU, OKU Timur, OKU Selatan (wilayah OKU Raya), Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), dan Muara Enim.



×

Kabupaten-kabupaten yang akan bergabung adalah Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Banyuasin (Muba), dan Empat Lawang.

Usulan berikutnya adalah Provinsi Ogan Komering dan Enim (Provinsi OKE), dengan 6 kabupaten yang siap bergabung dan calon ibukota provinsi di Kabupaten OKU.

Selanjutnya, ada usulan untuk membentuk Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar), yang terdiri dari 2 kota dan 6 kabupaten yang saat ini sedang dibahas oleh Pemerintah Pusat.

Calon ibukota provinsi akan dipilih dari tiga opsi, yaitu Kota Lubuklinggau, Kota Pagaralam, atau Kabupaten Lahat.

Kabupaten-kabupaten yang termasuk dalam Sumselbar adalah Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, dan PALI.

Baca juga: Buruan Streaming! Link Nonton Gratis Drama China Lost You Forever Episode 21 22 Sub Indonesia, Situs Resmi Cuma di WeTv Bukan Loklok

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm