Jangan Pada Kaget! Begini Suasana Kampung Unik Karena Terapung di Laut, Letaknya Sulawesi Tenggara! Tebak Dihuni Masyarakat Mana?

Jangan Pada Kaget! Begini Suasana Kampung Unik Karena Terapung di Laut, Letaknya Sulawesi Tenggara! Tebak Dihuni Masyarakat Mana?

laut-12019 /pixabay-

Menariknya, penduduk yang bermukim di kampung ini adalah Suku Bajo, suku laut yang hidup menggantungkan diri pada sumber daya laut. Bahasa Bajo menjadi alat komunikasi mereka sehari-hari.

Dahulu, Suku Bajo merantau menggunakan perahu sebagai tempat tinggal sementara. Namun, perkembangan zaman membawa perubahan bagi mereka.



Kini, kampung terapung ini berdiri kokoh di atas laut dangkal dengan kehidupan masyarakat yang tetap menjunjung tradisi mereka.

Kampung Bangko mengambil nama dari Pulau Bangko, pulau yang dipenuhi oleh vegetasi mangrove. Dalam bahasa Bajo, Bangko berarti bakau atau mangrove.

Pulau ini menjadi sumber inspirasi bagi nama kampung yang menjadi tempat tinggal turun-temurun Suku Bajo sejak abad ke-16.



×

Terletak di Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Kampung Bangko menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung

Menyaksikan kehidupan tradisional masyarakat suku laut yang masih lestari hingga saat ini. Pemandangan alam di sekitar kampung semakin menambah pesona tempat ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm