Impian Sudah Terjawab! Bandara Termegah di Sumatera Utara Menggelontorkan Dana Triliunan Rupiah, Warga Sumut Menyambut dengan Bahagia?

Impian Sudah Terjawab! Bandara Termegah di Sumatera Utara Menggelontorkan Dana Triliunan Rupiah, Warga Sumut Menyambut dengan Bahagia?

Impian Sudah Terjawab! Bandara Termegah di Sumatera Utara Menggelontorkan Dana Triliunan Rupiah, Warga Sumut Menyambut dengan Bahagia?-viarami/pixabay-

Tak hanya besar, bandara ini juga memiliki daya tampung yang luar biasa, mampu menampung sekitar 22,1 juta penumpang setiap tahunnya.

Tidak mengherankan, bandara ini memang dikenal sebagai salah satu dari sedikit bandara tersibuk di Indonesia.



Menggantikan sang veteran, Bandara Polonia, yang usianya telah menginjak 85 tahun, tugas yang diemban oleh bandara ini tidaklah mudah.

Apalagi mengingat Bandara Polonia tidak lagi dapat beroperasi dengan layak. Namun, dengan tekad kuat, Bandara Internasional Kualanamu bangkit sebagai penerus yang lebih canggih dan futuristik.

Tampilannya yang begitu modern dan artistik membuat mata takjub memandang. Arsitektur yang futuristik dengan sentuhan gaya yang khas membuatnya menjadi karya seni yang memukau.



×

Baca juga: Siap-Siap! Bandara Dhodo Kediri Mulai Beroperasi. 35 Desa Wisata Akan Menyambut Kemeriahannya, Lantas Bagaimana Pendapat Sekertaris Dinas Pariwisata?

Tidak hanya itu, desain atapnya yang unik, berbentuk seperti kipas berwarna putih, semakin menambah daya tarik visual bandara ini.

Namun, dibalik megahnya bangunan ini, terdapat perjalanan yang memakan dana fantastis. Total dana yang dihabiskan untuk pembangunan bandara ini mencapai angka yang mungkin sulit dipercaya, yaitu Rp 5,8 triliun.

Sumber dana berasal dari APBN yang menyediakan Rp 3,3 triliun serta alokasi pembiayaan dari PT Angkasa Pura II senilai Rp 2,5 triliun.

Dari total dana APBN, sekitar Rp 3,3 triliun digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembebasan lahan hingga pembangunan landasan pacu dan taxiway yang memadai.

Jadi, tak berlebihan jika Bandara Internasional Kualanamu menjadi representasi dari kecanggihan Indonesia dalam menghadirkan fasilitas penerbangan.

Kini, mari kita uji seberapa luas wawasan warga Sumatera Utara. Bandara apa yang bisa menjadi simbol kemewahan ini?

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm