Tersembunyi di Pulau Gresik dan Mempesona Dengan Pasir Putihnya, Pulau Bawean Jadi Destinasi Wisata Menarik yang Sayang Untuk Dilewatkan

Tersembunyi di Pulau Gresik dan Mempesona Dengan Pasir Putihnya, Pulau Bawean Jadi Destinasi Wisata Menarik yang Sayang Untuk Dilewatkan

Pulau.-(freepik.com/wirestock)-

Pesona pasir putih yang membentang luas dan ditemani dengan hangatnya warna jingga ketika matahari terbenam bikin suasana makin syahdu.

Airnya yang tenang sangat cocok jika dipakai untuk berenang. Dilansir dari website uinsaid.ac.id, menceritakan asal mula adanya Pulau Bawean ini.



Pulau bawean ini sudah ada sejak 8 saka dan merupaka pulau yang tak berpenghuni. Pada zaman kolonial Belanda, pulau ini disebut dengan Pulau Lubeg, Bovean dan Lombok.

Baca juga: Jaring Warna Hijau Menyelimuti Tebing yang Mengelilingi Jalan Tol Unik di Sumatera Utara, Sayang Banget Ada Cerita Mistis Dibaliknya

Lalu pada tahun 1974, Pulau ini resmi menjadi milik Kabupaten Gresik yang sebelumnya berada dibawah kekuasaan Surabaya.



×

Penduduk di Pulau Bawean sebelumnya menganut animisme, sebelum masuknya Islam ke Pulau Bawean.

Semenjak hadirnya ulama yang bernama Syekh Maulana Umar Mas’ud, perkembangan Islam di Pulau Bawean makin berkembang pesat.

Pemerintah berupaya untuk memudahkan moda transportasi untuk ke Pulau Bawean ini agar lebih cepat ditempuh dengan jalur udara maupun laut.

Baca juga: Mengenal Kabupaten Pasangkayu yang Jadi Wilayah Baru di Sulawesi Barat yang Jadi Pusat Ekonomi dan Daerah Termaju di Sulbar Mamuju Kalah Telak

Belum lama ini Dinas Perhubungan sudah membuka rute penerbangan dari Bandara Juanda ke Bandara Harun Thohir di Kabupaten Gresik.

Lapangan terbang ini sudah resmi digunakan secara komersial sejak 30 Januari 2023.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm