5 Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Berasal dari Singkatan, Unik dan Menarik! Cilacap dan Purbalingga Ternyata Punya Singkatan Ini

5 Nama Kabupaten di Jawa Tengah Ini Berasal dari Singkatan, Unik dan Menarik! Cilacap dan Purbalingga Ternyata Punya Singkatan Ini

Benarkah SERAGEN dan KLATEN Pisah dari Jawa Tengah dan Pindah ke Provinsi Baru Hasil Pemekaran Jateng?-suci-melia/unplash-

 

Ternyata sejumlah nama kabupaten Jawa Tengah ini memiliki nama wilayah yang tidak sama dengan nama yang sekarang dikenal. Sejumlah daerah ini masuk dan menjadi wilayah dengan nama yang ternyata memiliki sejumlah sejarah yang menarik. 

Hal ini bisa dilihat dari beberapa kota dibawah ini yang ternyaat mereka sebelumnya berasal dari sebuah singkatan. Informasi ini bersumber dari sejumlah sejarah dengan nama yang berbeda. 



1. Kabupaten Cilacap 

Cilacap menjadi salah satu kabupaten yang berbatasan dengan kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) dan juga berbatasan dengan sejumlah daerah lainnya seperti Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas Utara, Kabupaten Kebumen, Ciamis dan Kota Banjar. 

Kemudian, sejumlah penelitian juga menuliskan dari linguistik.fib.ui.ac.id, menyebutkan bahwa Cilacap berasal dari kata ci dan lacap. Kata ci yang berarti air kemudian lacap yang diartikan sebagai tanah yang menjorok ke laut. 



×

Karena hal itu, lokasi Cilacap ini berasal dari daerah Jawa Barat yang berbahasa Sunda dana Jawa Tengah yang mana akan perpaduan dari kedua bahasa tersebut.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm